Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning of TPS in terms of students mathematical concepts. The population of this research was all students of seventh grade in Junior High School 3 Natar that were distributed into four classes. The samples of this research were students of VIIB and VIIC class which were chosen of purposive sampling. This research used pretest and postest control group design. Analysis data of this research used t-test. Based on the result of this research, it was concluded that cooperative learning of TPS wasn’t effective in terms of students mathematical concepts.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar yang terdistribusi kedalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest posttest control group design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: think pair share, pemahaman konsep matematis
Full Text:
PDFReferences
Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), Volume 16, No.1, (http://download.portalgaruda.org/download_verification.php?val=448&article=52269&title=), diakses 30 Maret 2017.
Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlampung: Universitas Lampung.
Komariah, Siti. 2010. Efektifitas Penggunaan Teknik Ikonik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi tidak diterbitkan, Jakarta: Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mullis, I., dkk. 2012. TIMSS 2011 International Result In Mathematics. United States. TIMSS & PIRLS International Centre.
Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan, Bandar lampung: Universitas Lampung.
OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15yearolds know and what they can do with what they know. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa2012resultsoverview.pdf), diakses 9 November 2016.
Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi. 2006. Jakarta.
Permendiknas Nomor 24 Tentang Pelaksanaan SI dan SKL. 2006. Jakarta.
Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang. Prosiding PGRI.
Setyono, Budhi. 2006. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pengukuran Dengan Metode Pembelajaran Problem Posing Siswa Kelas IV Semester 2 MI Roudlotul Huda Tahun Ajaran 2005/2006. Sekripsi tidak diterbitkan, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiman. 2006. Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Makalah lokakarya pengembangan modelmodel pembelajaran matematika sekolah di Universitas Negeri Yogyakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: CV Eko Jaya.
Zahra, Nidya. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.