Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Nimas Rahayu, Rini Asnawati, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the implementation of discovery learning to improvestudent’s mathematical concept comprehension. The population in this research is the entire class VIII students of SMP Tri Sukses Natar years lessons 2017/2018 distributed in 4 class. The sample of this research was a Class VIII-C and VIII-D are chosen by purposive sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Research data obtained through mathematical concept understanding ability test students. Statistical tests are used namely test . Based on the results and working through of research, the conclusion of the research is implementation of discovery learning model can improve to student’s mathematical concept comprehension.

 

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui mengetahui peningkatan pemahaman konsep dengan diimplementasikan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih dengan  teknik purposive sampling. Design penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu uji . Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

 

Kata Kunci: discovery learning, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Agustina, L. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1). (Online), Vol 1, No.1, (http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49), diakses 20 Januari 2017.

Arisanti, A., & Khotimah, R. P. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (PTK Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/44825/), diakses 18 September 2018.

Cahyani, A. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Discovery Learning (PTK Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun 2015/2016). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/39254/), diakses 18 September 2018.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Nomor 506/C/Kep/PP/2004 tentang Penilaian Rapor. Jakarta: Depdiknas.

Ernawati. 2003. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMU Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.(Online), (https://matematohir.files.wordpress.com/2013/materi-pelatihan-imple-mentasi-kurik.), diakses 1 September 2018.

Noer, S. H., & Asri, E. Y. 2015. Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 14 November.

Susanto, A. 2015. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika (Online), (http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/download/2292/2010), diakses 20 Januari 2018.

TIMSS. 2011. International Results in Mathematics. (online), (http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/TII_IR_Mathematics_FullBook.pdf), diakses 7 Januari 2018.

Virlianti, Y. 2002. Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.