Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa

Siwi Purwitasari, Haninda Bharata, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of guided discovery learning towards students’ adaptive reasoning ability. The population of this research was all students of grade XIPA of SMA Negeri 2 Metro in academic year of 2017/2018 with total 162 students and that was distributed into five classes. The samples of this research were students of XIPA 2 and XIPA 3 class that were chosen by purposive sampling technique. The design which used was pretest-posttest only control grup design. The data of this research were obtained by the essays test of adaptive reasoning ability. Analysis data of the research used t-test. Based on the result of the research and the data analysis, it can be concluded that guided discovery learning afffects student’s adaptive reasoning ability.

 

Penelitian experimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided discovery learning terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIPA SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 162 siswa dan terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XIPA 2dan XIPA 3yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest only control grup design. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan penalaran adaptif berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa.

 

Kata kunci: guided discovery learning, penalaran adaptif, pengaruh

 


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2004. Model Penemuan Terbimbing. (Online), (http://riensuciati.blogspot.com), diakses 10 Desember 2017.

Aspiyah. 2008. Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa 1 Keronjo. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Harsono, Beni, dkk. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantu Media Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. (Online), No.2, (https://journal.unnes.ac.id), diakses 4 Juli 2018.

Kalpatrick, J, J, Swafford, and B. Findell (ends). 2001. Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. Washington: National Academi.

Khoiri, Wafik, dkk. 2013. Problem Based Learning Berbantu Multimedia dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. (Online), No. 1, (https://journal.unnes.ac.id), diakses 4 Juli 2018.

Manggala, I, S, A. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking a Loud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk meningkatkan Penalaran Adaptif siswa SMA. (Online). Prosiding Seminar Nasional, No.12, (https://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 4 Juli 2018.

OECD. 2016. PISA 2015 Result (Volume I): Excellence and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/), diakses 9 November 2017.

Purnomo, Yoppy Wahyu. 2011. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperatif Learning pada Pembelajaran Matematika. (Online), No. 1, (https://scholar.google.co.id), diakses 4 juli 2018.

Putra, Y, W, Rizki dan Sari Linda. 2016. Pembelajaran matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif.(Online), No. 2, (https://ejournal.radenintan.ac.id), diakses 4 Juli 2018.

TIMSS. 2015. TIMSS and PIRLS (Trends in Internasional Mathematics and Science Study). (Online), (http://tim ssandoirl.bc.edu//timss2015//), diakses 26 November 2017.

Widianto, Doni. 2014. Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Kelas XI IPA. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: