Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: komunikasi matematis, pengaruh, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Arrend,Richard I. 2011. Learning To Teach. New York: McGraw Hill.
Astuti dan Leonard. 2012. Peran Komunikasi Matematika Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif. (Online), (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/91), diakses 24 Maret 2018.
Azizah, S. M. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1205), diakses 12 Februari 2018.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus. (Online), No. 01, (http://jurnal.upi.edu/), diakses 02 November 2017.
Fitrina, Tien, Ikhsan M, dan Munzir Said. 2016. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didaktik Matematika. (Online), ISSN : 2355–4185, (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4753/4102), diakses 12 November 2018.
Fitriyanti. 2016. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Unila.
Hasratuddin. 2014. Membangun Karakter dengan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma Pasca Sarjana FMIPA Unimed. (Online), Vol. 6, (id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=143870), diakses 27 Februari 2018.
Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. (Online), (http://www.pdfstart.com/se/seminar-matematika-2010), diakses 13 Desember 2018.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (Online), (https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf ), diakses 23 Oktober 2017.
Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Prosiding. (Online), (http://www.jurnaljpi.wordpress.com/category/pembelajaran-berbasis-masalah - 22k –/), diakses 11 Desember 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.