PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Hendra Kurniawan, Pentatito Gunowibowo, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aims to know the influence of cooperative learning model of NHT type towards student’s mathematical conceptual understanding. The population is all students of eightth grade of Junior High School State 8 Bandar Lampung in academic year 2012-2013, they are from regular class and divided into nine classes. Samples are all students of VIII-B and VIII-C that are determined by purposive sampling technique. Based on analysis of data, it is gotten that student’s mathematical conceptual understanding on cooperative learning model of NHT better than student’s mathematical conceptual understanding of conventional learning. Thus, cooperative learning model of NHT type effects student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep matematis.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013 yang bukan berasal dari kelas unggulan dan terdiri dari sembilan kelas.  Sampel dalam penelitian adalah siswa pada kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling.  Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil pe­maham­an konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada pembelajar­an konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata Kunci: NHT, pemahaman konsep matematis, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya

Lie, Anita. 2008. Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta.

Sartika, Dewi. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.(Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 29 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). (Skripsi). Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Slavin, Robert E (Terjemahan oleh Nurulita Yusron). 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media: Bandung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. PT Tasito: Bandung.

Zulaiha. 2011. Definisi Pemahaman Konsep. [on line]. Tersedia: http://ahli-definisi.blogspot.com/2011/03/definisi-pemahaman-konsep.html. (29 November 2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.