Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Confidence
Abstract
This research aimed to determine the effectiveness of problem based learning to improve students’ reflective thinking ability and self confidence. Population of the research were all students of grade VIII of SMP Negeri 1 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that was distributed into eleven classes. Samples of the research were students of VIII-A and VIII-B class that were chosen by purposive random sampling technique. The design which used was pretest-posttest control grup design. The data of research were obtained by reflective thinking ability test and self confidence scale. Data analysis of reflective thinking ability used t’-test while self confidence used t-test, then tested the proportion. Result of the research show that problem based learning is effective to improve reflective thinking ability and self confidence.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan self confidence siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif dan hasil pengisian skala self confidence. Analisis data kemampuan berpikir reflektif menggunakan uji-t’ sedangkan analisis data self confidence menggunakan uji-t, kemudian dilakukan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan self confidence.
Kata kunci: kemampuan berpikir reflektif, pembelajaran berbasis masalah, self confidence.
Full Text:
PDFReferences
Iswahyudi. 2016. Pengaruh Percaya Diri Dan Pengendalian Emosi Diri Terhadap Efikasi Guru Dimoderasi Idealisasi Pengaruh Di Smp Negeri Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Tesis diterbitkan. Semarang: Universitas Stikubank. (Online), (http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/pasca1/article/view/4620/1353), diakses 7 November 2017.
Kurniati, Dian. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), Vol.20, No.2, Desember 2016, (https://journal.uny.
ac.id/index.php/jpep/article/view/8058), diakses 7 November 2017.
Kusumaningrum, Maya dan Saefudin. 2012. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY 10 Desember 2012. FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.
id/8512/), diakses 9 Oktober 2017.
Martyanti, Adhetia. 2013. Membangun Self Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY 9 Desember 2013. FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10726/), diakses 3 Oktober 2017.
Masamah, Ulfa. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika STAIN Kudus. (Online), Vol.1, No.1, 2017, (http://jurnal.umpalem
bang.ac.id./index.php/jpmatematik/article/download/680/614&ved=0ahUKEwjS-86hq4naA
h’UPQLwKHT-3BpQQFgghM
AE&usg=AOvVaw31wPlf43aZAqVBoJyPPBGh), diakses 24 Maret 2018.
Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. Program for International Student Asssess-ment (PISA) Result from PISA 2015. (Online), (https://oecd. org/pisa/Pisa-2015-Indonesia. pdf), diakses 4 Oktober 2017.
Rusdiana, DP. 2017. Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Soedjadi, R. 2007. Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matmatika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA
Suryani, Nunuk dan Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.