PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Elvandri Yogi Pratama, Caswita Caswita, Suharsono Suharsono

Abstract


This research aimed to develop teaching material of students worksheets that are valid, practical, and effective to improve the students understanding of mathematical concepts. The teaching material was developed based on multiple intelligences that include the characteristics of students and the material, that are visual-spatial and logical-mathematical intelligence. The students worksheet was developed to discover basic concepts by the intelligence of students. The research subjects were students of grade VII of second semester of SMPN 2 Merbau Mataram in academic year of 2015/2016. Based on the results of research, teaching material with visual-spatial intelligence and logical-mathematical intelligence were valid, practical, and effective to improve students understanding of mathematical concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk lembar kerja peserta didik yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Bahan ajar tersebut dikembangkan berbasis multiple intelligences yang memuat karakteristik peserta didik dan materi yang diajarkan yaitu kecerdasan visual-spasial dan logis-matematis. Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan mengarahkan peserta didik untuk menemukan konsep dasar menggunakan kecerdasan peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII semester genap SMPN 2 Merbau Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar berbasis kecerdasan visual-spasial dan logis-matematis yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Kata Kunci: bahan ajar, visual-spasial, logis-matematis


Full Text:

PDF

References


Armstrong, Thomas. 2002. Sekolahnya Para Juara. Bandung: Mizan Media Utama.

Darmodjo, Hendro dan Kaligis, Jenny R. E. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Munro, John. 1994. Multiple Intelligences and Mathematics Teaching. Melbourne: University of Melbourne. (Online). (http://eric.ed.gov/?q= Multiple+Intelligences+and+Mathematics+Teaching&ff1=subMultiple+Intelligences&pg=2), diakses 25 Oktober 2015.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas. (Online). (http://www.infokursus.net/searchunduh.php?term=Metode+Penelitian+Pengembangan&x=15&y=8), diakses 25 Oktober 2015.

Widjajanti, D. B. 2012. Teori Kecerdasan Majemuk: Apa dan Bagaimana Mengaplikasikannya dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, UNY. (Online). (http://dokumen.tips/documents/djamilah-bondan-widjajanti-makalah-djamilah-semnas-juli-2012.html#), diakses 21 Desember 2015.

Xie, Jingchen dan Lin, Ruilin. 2009. Research on Multiple Intelligences Teaching and Assessment. Asian Journal of Management and Humanity Sciences, Vol. 4, No. 2-3, pp. 106-124. (Online). (http://210.60.31.132/ajmhs/vol_4_2and3/vol_4_2and3.htm), diakses 21 Desember 2015.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.