Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Lia Mustika, Rini Asnawati, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effect of Think Pair Share cooperative learning model towards students conceptual understanding of mathematics. This research used posttest only control group design. The population of this research wasall students of grade VIII of SMP Negeri 1 Labuhan Ratuin academic year of 2017/2018. Through purposive sampling technique, two classes were taken as the samples.The technique that used in this research was test. The analysis data of this research used t-test. Based on the result of research, it was concluded that Think Pair Share cooperative learning model affect students conceptual understanding of mathematics.

Penelitian eksperimental semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Ratu tahun pelajaran 2017/2018. Melalui teknik purposive sampling dua dari enam kelas diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep, pembelajaran kooperatif, think pair share


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa-beta Cipta.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), Volume 16, No.1, (http://download.portalgaruda.org/download_verification.php?val =448&article=52269&title=), diakses 25 September 2017.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan Bandarlampung: Universitas Lampung.

Muzayyanah, Arifah. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean dalam Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah. (Online), Pm.27, Hlm.300-318, (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kuswari%20Hernawti,%20S.Si.,M.Kom./Prosiding%20Semnas%20UNSKuswari.pdf), diakses30 Nopember 2017.

Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar lampung: Universitas Lampung.

OConnel, Susan. 2007. Introduction to Problem Solving. Portsmouth: Heinemann.

TIMSS. 2011. Survei Internatsional TIMSS. (Online), http://litbangkemdiknas.net/detail.php-?id=214, diakses 20 Oktober 2017.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: CV Eko Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.