Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Diana Puspita Sari, Caswita Caswita, Haninda Bharata

Abstract


This research and development is aims to develop the worksheet based on guided inquiry learning for valid, practical, and effective to improve students' critical thinking skills. The instrument that used is validation questionnaire by media and material expert to know the validity of worksheet, teacher and student response to know practicality of the worksheet. Data analysis of average validation score by material and media experts are 3,92 and 3,72 and average score of practicality by teachers and students are 3.42 and 3.52. The result of the test of students' critical thinking skills is mean post test is higher than pre test and the gain value shows the gain average score of 0.55 in the medium category and strong effect size is 2,69. Thus it can be concluded that worksheet based on guided inquiry is valid, practical, and effective to improve the ability of critical thinking students.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa lembar angket validasi oleh ahli media dan materi, data respon guru dan siswa berturut-turut untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan LKPD. Hasil analisis data skor validasi oleh ahli materi dan media secara berturut-turut diperoleh rerata sebesar 3,92 dan 3,72 dengan kategori sangat baik. Hasil analisis data skor kepraktisan berdasarkan respon guru dan siswa berturut-turut sebesar 3,42 dan 3,52 dengan kategori sangat baik. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa diketahui bahwa rerata nilai akhir kemampuan berpikir kritis siswa lebih dari nilai awal kemampuan berpikir kritis siswa dan analisis data gain menunjukkan rata-rata gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang dan effect size kuat sebesar 2,69. Dengan demikian dapat disimpulkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Kata kunci : berpikir kritis, LKPD, inkuiri terbimbing


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Almuntasheri, R. M. Gillies, & T. Wright. 2016. The Effectiveness of a Guided Inquiry-based, Teachers Professional Development Programme on Saudi Students Understanding of Density. Science Education International, 27(1) :16-39.

Annafi, Nurfidianty. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri 4(3), 21 28.

Azizah, Jayadinata, dan Gusrayani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena llmiah ,1(1): 51-60.

Batoq, Susila, dan Rijanto.2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sistem Pendinginan Bahan Bakar Dan Pelumas Di Smkn 3 Sendawar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2): 117-126.

Fajariyah, Nur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia , 5 (2): 89-97.

Falahudin, Wigawati, dan Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi, 2 (2):92-101.

Hake, Richard R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1):64 74.

IEA's Trends in International Mathematics and Science Study. 2015. Math Student Achievement. TIMSS & PIRLS International Study Center. [Online]. http://timss2015.org/download-center/ .

Joe W. Kotrlick. 2011. Reporting and Interpreting Effect Size in Quantitative Agricultural Education Research.Journal of Agricultural Education , 52(1):132 142.

Karim, Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat (Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 92 104.

Kowiyah. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar , 3(5):175-179.

Masitoh. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta . Jurnal Bioedukasi, 10(1):71-79.

McKenney, S., Nieveen, N. & van den Akker, J. 2002. Computer Support for Curriculum Developers: CASCADE. ETR&D, 4(50): 2535.

Meidiawati, Yenny. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Tebimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1(2), 1-10.

Musharafa. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika 5(2), 28-35.

Sumarni. 2014. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi . Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4): 13-22.

Sularso, Agung.2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA N Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi , 4(2):1-4.

Widiyowati, Iis. 2015. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pancaran, 4(1):90-104.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiwin, Slamet, & Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi 5(1), 81-95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: