Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik
Abstract
This research was aimed to produce the students worksheet based on inquiry that valid and practical, and effective to increase students mathematical communication. Subject in this research was grade VII-3 students in SMPN 6 Metro in academic year 2017/2018. This design of research used one group pretest-posttest design. The data of research were obtained by observation, interview, questioneirs and mathematical communication test. Based on the results of the validity by media and material expert and practical test by teacher and students, the students worksheet based on inquiry was classified as excellent. Based on the results of data analysis of mathematical comunication test result obtained student has 75% of student get the test scores reach KKM. The improvement of mathematical comunication obtained the average score of 0,72 was classified as high. The conclusion of this research and development was students worksheet based on inquiry of valid, practical, and effective towards mathematics communicatoin ability of student.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan uji kevalidan oleh ahli media dan materi serta uji kepraktisan menurut guru dan peserta didik, LKPD berbasis inkuiri tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh hasil belajar peserta didik sudah 75% peserta didik memperoleh nilai tes mencapai KKM. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis diperoleh skor rata-rata 0,72 dengan kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah LKPD berbasis inkuiri valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Kata kunci: inkuiri, komunikasi matematis, LKPD.
Full Text:
PDFReferences
Abdi, Ali. 2014. The Effect of Inquiry Based Learning Method on Student Academic Achievement in Science Course. [Online]. Universal Journal of Educational Research. Vol. 2, No. 1, Hal:37-41.
Akker, J. 1999. Education Design Research. London and New York: Routledge.
Astuti, Anggraini. 2015. Peran Kemampuan Komunikasi Mate-matis terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik. [Online]. Jurnal Formatif, Vol. 2. No.2, Hal:102-110.
Borg, W.R dan Gall, M.D. 2002. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Damayanti, Dyah Shinta., Ngazizah Nur., Setyadi, Eko K. 2013. Pengem-bangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimal-kan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. [Online] Jurnal Radiasi. Vol. 3, No. 1. Hal: 58-62.
Damayanti, Ida. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. [Online]. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 3, Hal: 1-12.
Hake, Richard R. 1998. Interctive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. [Online]. American Journal of Physics. Vol. 66, No. 1, Hal: 64-74.
Jurnayadi, Bambang. 2012. Pengembangan Perangkat pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. [Online]. Journal of Primary Educational, Vol. 1, No. 1, Hal:21-23.
Kusunawati, N., Kartono dan Dwijianto. 2012. Pembelajaran Program Linear Berkarakteristik Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik. [Online]. Journal of Mathematics Education Research. Vol. 1, No. 2. Hal: 128-133.
Lindawati, Sri. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. [Online]. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 2, Hal:1-10.
Meidawati, Yenny. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. [Online]. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1, No. 2, Hal:1-10.
Mustachfidoh., Swasta, I.B., Widiyanti, Manik. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Intelegensi Peserta didik SMAN 1 Srono. [Online]. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains. Vol. 3, No. 1, Hal: 1-11.
Nasution, Nur Asyiah. 2016. Pengembangan Bahan Aajar Berbasis Model Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated learning Peserta didik. Tesis. Universitas Negeri Medan: Medan.
Subekti, Eko Fitrianto., Untarti, Reni., dan Malim, Muhammad. 2015. Deskripsi Kemampuan Komu-nikasi Mahapeserta didik pada Materi Kuliah Statistik Pendidikan. [Online]. Jurnal Euclid. Vol. 2, No. 2, Hal: 251-365.
Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 16 Juni 2009.
Taiyeb, A Mushawuir., Sekar, Ayu. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi yang Terintegrasi Kemampuan Combridge untuk SMA Kelas XI Semester II. [Online]. Jurnal Bionature. Vol. 15, No. 1, Hal: 23-28.
Wulandari, Noni dan Yuliati. 2017. Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKS) Sebagai Panduan Belajar untuk Materi Sistem Ragulasi pada Submateri Sistem Indra di SMA. [Online]. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. Vol. 6 No. 5. Hal:302-311.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.