Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Konstruktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis

Destiana Apriani, Caswita Caswita, Asmiati Asmiati

Abstract


This research and development aims to produce LKPD products based on constructive approach that is valid, practical, and effective in terms of understanding the mathematical concepts of learners. This type of research refers to the research and development of Borg and Gall. Research subjects at the field test stage are the students of class XI SMA Negeri 1 Kalirejo Lesson Year 2017/2018. The design in the field test phase is one group pretest-posttest design. The research data is obtained through observation, interview, questionnaire, and comprehension test of mathematical concept. LKPD validity test results obtained an average rating of 3.5. Practicality test results obtained an average rating of 3.03. The average gain result is 0.71. Based on the results and discussion concluded that the letters of learners' activities are valid, practical, and effective in terms of understanding the mathematical concepts.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis pendekatan konstruktif yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian pada tahap uji lapangan adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain pada tahap uji lapangan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep matematis. Hasil analisis data kevalidan LKPD memperoleh rata-rata penilaian 3,5. Hasil analisis data kepraktisan memperoleh rata-rata penilaian 3,03. Hasil rata-rata gain diperoleh 0,71. Berdasar hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa lembar kegiatan peserta didik valid, praktis, dan efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis.

Kata kunci: LKPD, pemahaman konsep matematis, pendekatan konstruktif


Full Text:

PDF

References


Astuti, Y dan Setiawan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2 (1). Hlm 88-92.

Borg W.R dan Gall, M.D. 1989. Education Research An Introduction. New York : Longman.

Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online). Vol.1No.1,(http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/12/9).

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fitrihani, Diana, dan Sardulo Gembong, Edi suprapto. 2015. Pemahaman Konsep Materi Oleh Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Faktorisasi Suku Aljabar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. [Online]. http://dianafitrihani.blogspot.co.id/2015/11/jurnal-pendidikan-matematika.html.

Indriyani, Irma Rosa. 2013. Pengembangan LKS (Learning Cycle) dan Mengembangkan Siswa SMA Kelas X Fisika Berbasis Siklus Belajar 7e untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Elektromagnetik. Tesis.Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Karwono dan Heni Mularsih. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Ciputat : Cerdas Jaya.

Muchlis, Effie Efrida, Syafdi Maizora. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Berbantukan Macromedia Flash 8 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. Vol.1.No.1. Hal 40.

Nieveen, N. 1999. Design Approachess and Tools in Education and Training. Boston: Kluwer Academic Publisher.

Perdana, Andrea. 2011. Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. [Onli ne]. http://jurnalpendidikaninside.co.id/2014/11/jurnal-penggunaan-pendekatan-konstruktivisme.html.

Relawati, Nurasni. 2016. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE dan Pembelajaran Langsung Pada Siswa SMP. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Vol 2. No 2.

Rostianti. 2015. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Materi Transformasi Linier. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1. No 2. Hal 35.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta:Bandung.

Surapranata, Sumarna. 2009. Interprestasi Hasil Tes. Bandung : Rusda Karya.

Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. ProsidingSeminar Nasional Pe-nelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA FakultasMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: