Pengaruh Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Pesawaran tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: discovery learning, pemahaman konsep matematis, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Afrilianto, M. dan Tina R. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 02 Hlm. 45-53, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/ 12/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf), diakses 06 November 2016.
Arinawati, E., Slamet, St. Y., dan Chumdari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Diktatika Dwija Indria (Solo). (Online), Vol. 2, No. 8, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3634/2583), diakses 29 November 2017.
BSNP. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hutagalung, R. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. Journal of Mathematics Education and Science. (Online), Vol. 2, No. 2, (http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/133/110), diakses 29 November 2017.
Lefrancois, G.R. 1986. Psikologi untuk Mengajar, Alih Bahasa oleh NA Ametembun. IKIP: Bandung.
Mawaddah, S. dan Ratih M. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 4, No. 1, hal. 76-85, (http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292), diakses 01 Juni 2017.
Murizal, A., Yarman, dan Yerizon. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 1, hal. 19-23, (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1138/830), diakses 29 November 2017.
Noer, S. H. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http://core.ac.uk/download/pdf/11064629.pdf), diakses 16 Desember 2016.
Nurmalasari, N. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 7, No. 2, (http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2711), diakses 01 Juni 2017.
Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. Pisa 2015 Results (Volume I). Excellence and Equity in Education. (Online), (www.oecd-ilibrary. org), diakses 27 Maret 2017.
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.