Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of discovery learning model in terms of students mathematical conceptual understanding. The population of this research was students of 8th grade in SMP Negeri 1 Punggur in academic year of 2016/2017 that were distributed into 9 classes. The samples of this research were students of VIII A and VIII B class which were chosen by purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. The instrument of this research was test of mathematical conceptual understanding. The data analysis of this research used two-point equality test is t test and one-side proportion test. Based on the result of the research, it was concluded that discovery learning model was not effective in terms of students mathematical conceptual understanding.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t dan uji proporsi satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian, model discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, model discovery learning, pemahaman konsep matematis
Full Text:
PDFReferences
Afendi, Akhmad. 2012. Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kelas X SMK Diponegoro Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. (Online). http://digilib.uin-suka.ac.id/10778/, diakses pada 15 November 2016.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online). http://books.google.co.id, diakses pada 15 November 2016.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. (Online). http://www.pusatbahasa.kemendiknas.go.id, diakses pada 30 November 2016.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran discovery strategy & mental vocational skill. (Online). http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/pembelajaran-discovery-strategy-mental-vocational-skill-mohammad-takdir-ilahi-45296.html, diakses pada 16 November 2016.
Kemendikbud. 2013. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. (Online). https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf, diakses pada 11 Agustus 2017.
Kurniawati, Siska . 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Skripsi . Lampung: UNILA. (Online). http://digilib.unila.ac.id, diakses pada 17 November 2016.
Nakhleh, M.B. 1992. Why Some Students Dont Learn Chemistry. Journal of Chemical Education, 69(3). (Online). http://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/ed069p191, diakses pada 10 September 2017.
OECD. 2013. PISA 2012 Result In Focus. (Online). http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf, diakses pada 6 November 2016.
Okpiyanto, Teguh, Wahyudi, Tri Nova Hasti Yunianta. 2015. Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 di SMPN 2 Susukan. Jurnal. Salatiga: UKSW. (Online). http:// repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5610/3/T1_202010024_Full%20text.pdf , diakses pada 25 Juli 2017.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sartika, Dewi. 2011. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Lampung: Unila. Tidak diterbitkan.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online). http://kelembagaan.ristekdikti.go.id, diakses pada 16 Oktober 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.