PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This research is a quasi experimental that aim for knowing the influence of numbered head together (NHT) cooperative learning toward student’s mathematical conceptual understanding. This research uses post-test only control group design. Population of this research is all student’s of VIII grade even semester SMP Negeri 26 Bandar Lampung school years 2012/2013 and as sample is student’s of VIII C and VIII F class whose choosen by purposive sampling technique from seven classes. This data is the value of student’s mathematical conceptual understanding that is obtained by test. The result of this research showed that value of student’s mathematical conceptual understanding with cooperative learning model of NHT type is higher than conventional learning.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian adalah post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 dan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII C dan VIII F yang dipilih dari tujuh kelas dengan cara purposive sampling. Data penelitian berupa nilai pemahaman konsep matematis yang diambil melalui teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: numbered head together, pembelajaran kooperatif, penguasaan konsep matematis
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ariyoso. 2009. Uji U Mann-Whitney. [online].Tersedia: http://ariyo-so.word-press. com/2009/12/05 /uji-mann-whitney-u/. [13 ja-nuari 2013]
Herdian. 2010. Kemampuan Pemahaman Matematika. [on line]. Tersedia: http:// herdy 07. wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematika . [13 januari 2013]
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Lie, Anita. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Martono, Nanang. 2010. Statistika Sosial. Gava Media: Yogjakarta
Mustafa, dkk. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal PTK DBE3. Vol Khusus. No 2.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Taniredja,Tukiran. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung:Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.