Efektivitas Pembelajaran Two Stay two Stray Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Nindya Lukita Kusdiana Putri, Arnelis Djalil, M. Coesamin

Abstract


The aimed of this research was to find out the effectiveness of Cooperative Learning type Two Stay Two Stay (TSTS) in terms of students conceptual understanding of mathematics. The population of this research was students of grade VIII of SMP Negeri 16 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 wich were distributed in 12 classes. The samples of this research were studens of VIII-A and VIII-B class which were choosen by purposive random sampling technique. This research used posttest-only control group design. Data of this research were analyzed using -test and -test. The result of this research showed that Cooperative Learning type Two Stay Two Stay (TSTS) was not effective in terms of studentsconceptual understanding of mathematics.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa pada kelas VIII-A dan VIII-B yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only control group design. Data penilitian ini di analisa dengan menggunakan uji dan uji . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, two stay two stray, pemahaman konsep matematis.


Full Text:

PDF

References


Alfionita, Clara Dwi. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlam-pung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Ten-tang Sistem Pendidikan Na-sional, Jakarta: Depdiknas

Harja, Media. 2011. Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme. (Online). (http://mediaharja.blogspot.com), diakses 10 November 2016.

Mahardika, I Made. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Koperatif Tipe Two Stay Two Stray Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan, Bandar-lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Nurhanurawati. 2011. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. (Online), Halaman 153-161. (http://semnaspendmipa.files.wordpress.com.) diakses 22 April 2017.

Putri, Dini Arrum. 2017. Efektivitas Metode Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 BandarLampung Tahun Pelajaran 2016/ 2017). Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Sastrawan, I Wayan Agus. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Setiadi, Hari dkk. 2012. Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Berdasarkan Benchmark TIMSS 2011. (Online). (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.ph/surveiinternasionaltimss/laporan-timss), diakses 15 November 2016.

Shelvia, Selly. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. (Online). (http://respository.uinjkt.ac.id), diakses 20 April 2017.

Triana, Mella. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Concept Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 4 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.