Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Niluh Eka Darmayanti, M. Coesamin, Caswita Caswita

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model in terms of the ability of understanding mathematical concepts of students. The population o fthis research was all students of grade VIII of SMP Negeri 20 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016 that consist of eight classes. The sample of this research was students of VIII-E and VIII-G which was taken by purposive sampling technique. This research design was posttest only control design. Instrument of this research was essay test of the ability of understanding mathematical concepts. Based on the analysis of data, the ability of understanding mathematical concepts who follow NHT learning better than the ability of understanding mathematical concepts who follow conventional learning and the percentage of students who have good the ability of understanding mathematical concepts was more than 60%. Thus, Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model was effective viewed by the ability of understanding mathematical concepts.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E dan VIII-G yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian pemahaman konsep. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran NHT lebih baik dari yang mengikuti pembelajaran konvensional dan persentase siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep dengan baik lebih dari 60%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep siswa.

Kata kunci: Efektivitas, Numbered Head Together, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Aprilia. 2014. Efektivitas Penerapan Model Pem-belajaran Kooperatif Tipe NHT Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kota Agung Barat Tahun Pelajaran 2013/2014). (Skripsi). BandarLampung: Universitas Lampung.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia: http://www.inhe rent dikti.net/files/sisdiknas.pdf.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Sa-tuan Pendidikan. Jakarta: Ba-dan Standar Nasional Pen-didikan. [Online]. Tersedia: http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fmipa201035.pdf. diakses tanggal 21 Januari 2016.

Fristady, Restu. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Koo-peratif Numbered Head To-gether Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gedongtataan Ka-bupaten Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014). (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lam-pung.

Kompas. 2 Juni 2012. Banyak Siswa Tak Lulus Ujian Matematika. [online].ersedia:http://sains.kompas.com/read/2012/06/02/10035432/Banyak.Sisw.Tak.Lulus.Ujian.Matematika [14 September 2015].

Suherman, H. Erman. 2003. Common Textbook (Edisi Revisi), Strategi Pembelajaran Mate-matika Kontemporer. Bandung: IMSTEP.

Slavin, Robert E (Terjemahan oleh Nurulita Yusron). 2008. Coo-perative Learning: Teori, Ri-set, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sutikno, M. Sobry. 2005. Pem-belajaran Efektif Apa dan Bagaimana Mengupayakannya. Mataram: NTP Pres.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif Prog-resif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: