Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Destrianto Padang Pamungkas, Pentatito Gunowibowo, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning of TPS in terms of students mathematical concepts. The population of this research was all students of seventh grade in Junior High School 9 Bandar Lampung that were distributed into seven classes. The samples of this research were students of VIIA and VIID class which were chosen by combination of purposive and random sampling. This research used posttest only control group design. Analysis data of this research used t-test. Based on the result of this research, it was concluded that cooperative learning of TPS wasnt effective in terms of students mathematical concepts. However, students mathematical concepts in TPS class is better than conventional class.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung yang terdistribusi kedalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dengan teknik gabungan yaitu teknik purposive dan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Akan tetapi, pemahaman konsep siswa TPS lebih baik daripada konvensional.

Kata kunci: Efektivitas, Pemahaman Konsep Matematis, Think Pair Share


Full Text:

PDF

References


Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online),Volume 16, No.1, (http://download.por-talgaruda.org/download_verifi-cation.php?val=448&article=5-2269&title=), diakses 30Maret 2017.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iri-ngan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Komariah, Siti. 2010. Efektifitas Penggunaan Teknik Ikonik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta : Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Mullis, I., dkk. 2012. TIMSS 2011 International Result In Mathematics. United States. TIMSS & PIRLS International Centre

Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi. Bandar lampung: Universitas Lampung.

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf), diakses 9 November 2016

Permendiknas Nomor 24 Tentang Pelaksanaan SI dan SKL. 2006. Jakarta.

Rohana. 2011. Pengaruh Pembe-lajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang. Prosiding PGRI.

Setyono, Budhi. 2006. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pengukuran Dengan Metode Pembelajaran Problem Posing Siswa Kelas IV Semester 2 MI Roudlotul Huda Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Sugiman. 2006. Pendekatan Mate-matika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Makalah lokakarya pengem-bangan model-model pembe-lajaran matematika sekolah di Universitas Negeri Yogyakarta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: CV Eko Jaya.

Zahra, Nidya. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: