Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Nina Iswanti, Arnelis Djalil, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research aimed to find out the influence of cooperative learning model of round table typetowards students mathematical communication skills. This research design using posttest only control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMPN 1 Pekalongan Lampung Timur in academic year of 2016/ 2017 that were distributed into 7 classes. The sample of this research was students of VIII-3 class and VIII-6 classthat were determined by purposive random sampling technique. The resultof data analysis used Mann Whitney test showed that the cooperative learning model of round table typeinfluencetowards students mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-6 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Hasil analisis datamenggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe round table berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: Komunikasi Matematis, Kooperatif Tipe Round Table,Pengaruh


Full Text:

PDF

References


Armiati. 2009. Komunikasi Matematis Dan Kecerdasan Emosional. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/7030/1/P1Armiati.pdf.), diakses pada 25 Oktober 2016

Juariah dan Tamam, M.M.B. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. (Online). (https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5961/423_432%20JUARIYAH.pdf?sequence=1&isAllowed=y.), diakses pada 20 Oktober 2016.

Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khotimah, Rita P. dan Mokhofifah. 2011. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Metode Team Quiz dan Learning Cell Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA. (Online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kuswari%20Hernawati,%20S.Si.,M.Kom./Prosiding%20Bidang%20Pend%20Mat%20&%20Mat%%20Mei%202011%20%20Kuswari.pdf.), diakses pada 2 November 2016.

Mariam, S. 2011.Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Jenjang Anilisi dan Sintesis. Skripsi. Jakarta. (Online). (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/312/1/101723-SITI%20MARIAMFITK.pdf.), diakses pada 21 April 2017.

Padussa, M.A.G. 2011. Pendidikan Sains Dan Pengembangan Karakter Bangsa Untuk Merintis Jalan Menuju Hidup Bahagia. Prosiding Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. (Online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kuswari%20Hernawati,%20S.Si.,M.Kom./Prosiding%20Bidang%20Pend%20Mat%20&%20Mat%20MIPA14%20Mei%202011%20%20Kuswari.pdf.), diakses pada 2 November 2016.

Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

PISA 2015 result: what student know and can do student performance in mathematics, reading and sience. 2016. OECD (Online). (https://www.oecd.org/pisa/pisa2015results-in-focus.pdf.), diakses pada 10 maret 2017.

Purbowati, L.W., Perbedaan Pem-belajaran Jigsaw dan Diskusi Presentasi Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SMP Muhammadyah 4 Surakarta. Publikasi Ilmiah. (Online). (http://eprints.ums.ac.id/42774/14/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf), diakses pada 2 April 2017

Ratnasari, S.C., Amir dan Mahfuddin, A. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Koo-peratif Tipe Round Table Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Germania. (Online). (http://jerman.upi.edu/germania/2013.03.0902442.Sekar.pdf.), diakses pada 1 November 2016.

Ridho, N. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unair. (Online). (http://skp.unair.ac.id/repository/GuruIndonesia/Modelpembelajarank_nurridho_10592.pdf), diakses pada 2 November 2016

Son, L.A. 2015. Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Gema Wiralodra (Online). Volume 7 No. 1,. (http://ejournal.unwir.ac.id/), diakses 12 April 2017.

Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhaedi, D. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding. Yogyakarta. UNY. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/7541/1/P%20%2020.pdf.), diakses pada 22 November 2016.

Umar, W. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. (Online) Vol 1, No.1. (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files2012/08/WahidUmar.pdf.) diakses pada 26 Oktober 2016.

Widiastuti, E. 2011. Upaya me ningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Minggir Sleman Melalui Strategi Think Talk-Write (TTW) (Implementasi pada Kompetensi Dasar Keliling dan Luas Bangun Datar ). Skripsi. Yogyakarta: UNY. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/20829/1/SKRIPSI%20ENDAH%20WIDIASTUTI%2007301244005.pdf.), diakses pada 21 Maret 2017.

Yensi, N.A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas Viii Smp N 1 Argamakmur. (Online). Jurnal Exacta, Vol. X No. 1, (http://repository.unib.ac.id/490/1/04.%20Isi%20vol%20x%202012%20%20Nurul%20Astuty%20Yensi%20024-035.pdf) diakses 21 April 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: