PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PROGRAM LINIER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Pitri Hermeliyati, Sugeng Sutiarso, Sri Hastuti Noer

Abstract


The objectives of this research was to find out the effectiveness of student worksheet with the problem based learning model to achieve the minimum of mastery criteria of linier program material and to find out the responses of students towardsstudent worksheet of linier program material with problem based learning model, which is viewed by the interesting and the easiness. This developmentused ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subject of the research was students of XI Teknik Audio Video (TAV) 1 class SMKN 2 Bandar Lampung as many as 30 students. The procedure of this research were preliminary research, designing student worksheet, and drafting the learning instrument, testing of expert, and readability testing, limited group testing and small group testing on the research subject. The data collecting used test technique. Based on the result of the research, the student worksheet with problem based learning model was effective in achieving ofminimum of mastery criteria of linier program material and students responses showed that student worksheet with problem based learning model of linier program material is easy and interesting.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas lembar kerja siswadengan model pembelajaran berbasis masalah untuk mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum materi program linier dan melihat respon siswa terhadap lembar kerja siswa pada materi program linier dengan model pembelajaran berbasis masalah yang ditinjau dari kemenarikan, dan kemudahan. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI TAV 1 di SMK Negeri 2 tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Prosedur penelitian yaitu penelitian pendahuluan, mendesain pembuatan lembar kerja siswa dan penyusunan instrumen pembelajaran, uji ahli, uji keterbacaan, uji kelompok terbatas, dan uji kelompok kecil pada subjek penelitian. Pengambilan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh lembar kerja siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mencapai kriteria ketuntasan minimum materi program linier dan respon siswa menunjukkan bahwalembar kerja siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi program linier tergolong menarik dan mudah dipahami.

Kata kunci : lembar kerja siswa, pembelajaran berbasis masalah, program linier


Full Text:

PDF

References


Bungel, Moh. Fikri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 2 No. 1. [Online]. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/download/3230/2285. (20 November 2016)

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI. Edisi Khusus No. 01, 76-89. [Online]. http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf. (20 November 2016).

Fadlillah, Hayyu Nur. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Problem Based Learning. Saintifik: Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Hlm. 33-39.[Online]. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jps/article/view/1950. (20 November 2016).

Fitria, Tomo, dan Haratua. 2013. Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Multirepresentasi pada Usaha dan Energi di SMA. Jurnal Untan. Vol. 4, No. 3, [Online]. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/3723/3728. (28 November 2016).

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Educationist Vol. 01 No. 01. [Online]. http://jurnal.upi.edu/penelitianpendididkan.html. (12 Februari 2016).

Khoiri, W. 2013. Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, Vol. 2 (1). [Online]. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme. (28 November 2016).

Machaba, Maphetla M. 2013. Possible Solutions to Foundation Phase Mathematics Difficulties. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Rome-Italy Vol. 4, No. 14, November 2013, e-ISSN: 2039-2117, ISSN: 2039-9340. [Online]. http://www.mcser.org/journal/index.php/mjss/article/view/1599. (28 Februari 2016).

Noer, S. H. 2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit UM.

Paloloang, Muhammad Fachri Baharuddin. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidian Matematika Tadulako, Vol. 2 No. 1. [Online]. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/download/3232/2287. (28 November 2016).

Pariska, Ike Suci. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP. Vol. 1, No. 1, Hal. 75-80.[Online]. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1167/859. (28 November 2016).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono, Djauhar Siddiq. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanto, Eko dan Sartinem.2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tegeh, I Made. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, Muhamad. 2009. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Sriwijaya. Vol. 4. No. 2. [Online]. http://eprints.unsri.ac.id/842/4/4_M.Yusuf_34-44.pdf. (28 November 2016).

Zulkardi. 2007. How to Design Mathematics Lessons Based on the Realistic Approach. [Online]. http://www.geocities.com/ratuilmu.co.id. (10 Februari 2016)>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.