PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Ressa Dwi Kurnia, Sri Hastuti Noer, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of cooperative learning model of think talk write type towards students mathematical communication skill. The design which was used waspretest posttest control group design. The population of this research was all students of grade 7thof SMP Negeri 3 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016 that was distributed into eight classes. The samples of this research were students of VII-H and VII-I class which were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by test.The conclusion of this research wasthe cooperative learning of Think Talk Write affect towards the students mathematical communication skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampng tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-H dan VII-I yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: kemampuan komunikasi, pengaruh, think talk write


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2014. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Berkebutuhan Khusus (Lamban Belajar) dalam Menyelesaikan Soal pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan dengan Strategi Think-Talk-Write. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya Vol.15, No.2. [Online]. http://digilib.uinsby.ac.id/664. (5 Februari 2016).

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Elida, Nunun. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jurnal STKIP Siliwangi Bandung Vol. 1, No. 2. [Online]. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id. (24 September 2016).

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Inayah, Nina. 2008. Pengaruh Strategi Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi UIN. Jakarta: UIN.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for Scool Mathematics. Reston, Va: NCTM.

Sugandi, Asep Ikin. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis. Jurnal STKIP Siliwangi Bandung Vol.1, No.1. [Online]. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id. (20 Agustus 2016).

TIMSS. 2011. International Results in Mathematics. [Online]. http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/TII_IR_Mathematics_FullBook.pdf. (5 Januari 2016).

Wahida, Imama. 2012. Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Universitas Negeri Malang Vol. 3, No. 4. [Online]. http://jurnal-online.um.ac.id. (19 Agustus 2016).

Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wiadnyana, I Wayan P. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 1, No. 6. [Online]. http://ejournal.undiksha.ac.id. (23 November 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.