PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS
Abstract
This research aimed to develop student worksheet based on Problem Based Learning in topic triangle and rectangular for Junior High School students grade VII. Instruments which were used in this research were the scoring sheet of student worksheet for Math lecturer and Math teacher in order to fulfill the validity aspect, the student scoring sheet and teacher scoring sheet towards the student worksheet in order to fulfill the applicability aspect, and creative mathematic thinking ability test in order to fulfill the effectiveness aspect. The result of the research showed that the student worksheet which was based on Problem Based Learning model had fulfilled the requirements and appropriateness standard based on content expert, design, and language. Data analysis of t-test towards the result of creative thinking ability showed that t-count = 2,45 with t-table = 2,00. It implied that learning through student worksheet which was Problem Based Learning model improved creative thinking ability better than learning through student worksheet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan problem based learning pada materi Segiempat dan Segitiga untuk SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian LKPD untuk dosen ahli dan guru matematika untuk aspek kevalidan, lembar penilaian siswa untuk aspek keterbacaan, serta soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis untuk aspek keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan model Problem Based Learning telah memenuhi syarat dan standar kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, desain, dan bahasa. Hasil analisis menggunakan uji t terhadap hasil kemampuan berpikir kreatif menunjukkan bahwa thitung = 2,45 lebih besar dari ttabel = 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunaan LKPD dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang menggunaan LKPD.
Kata kunci: berpikir kreatif, problem based learning, segiempat, segitiga
Full Text:
PDFReferences
Dedeh, Tresnawati Choridah. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Vol. 2, No. 2, Prodi Matmatika STKIP Siliwangi Bandung.
Fitri, Amalia. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sta-tistika Dasar Bermuatan Karakter dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal PP. Vol 1. No 2. ISSN 2089-3639.
Herman. Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist Vol. 1. No. 1. Universitas Pendidikan Indonesia.
IEA. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.
Kowiyah. 2012. Ketrampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3. No. 5. [Online]. http://journal.ppsunj.org/jpd/article/view/108. (12 Juli 2016).
Noer, Sri Hastuti. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal pendidikan Matematika Vol. 5. No 1. Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UNSRI.
OECD. 2013. PISA 2012. Result in Focus. [Online]. http://www.oecd.org/. (10 Januari 2015).
Permana, Yanto dan Sumarmo, Utari. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist. Vol. 1. No. 2. Universitas Pendidikan Indonesia.
Setiawan, Wawan dan Indrawati. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik serta Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
Setyorini, U. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkakan Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 7. No. 1. [Online]. http:// journal.unnes.ac.id/artikel_nju/JPFI/1070. (20 Maret 2016).
Vitasari, Rizka. 2010. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Jurnal Pendidikan. Vol. 3. No. 6. Universitas Sebelas Maret.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.