EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Iis Triyani, Sri Hastuti Noer, Haninda Bharata

Abstract


This research aimed to find out the effectiveness of discovery learning model in terms of the enhancement of students mathematical comunication skill. This research used pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade VIII of Junior High School of Muhammadiyah 3 in academic year of 2016/2017 that were distributed into 3 classes, then it was selected 2 classes as samples through cluster sampling technique. The result of data analysis of matematical communication skill showed that discovery learning model was not effective in terms of the enhancement of students mathematical comunication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery ditinjau dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mummadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 3 kelas, kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel melalui teknik cluster sampling. Hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa model discovery learning tidak efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: discovery learning, efektivitas, komunikasi matematis


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Istiqomah, N. 2007. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Negeri Sekaran 2 pada Materi Pokok KPK dan Pecahan dengan menggunakan Pembelajaran KBK Bercirikan Pendayagunaan Alat Peraga dan Pendampingan. Skripsi. Semarang: Unes. [Online]. https://www.scribd.com/doc/78483205/Upaya-Meningkatkan-Kemampuan-Komunikasi-Ma-tematika-Siswa-Kelas-Iv-Sd-Ne-geri-Sekaran-2-Pada-Materi-Pokok-Kelipatan-Persekutuan-Terkecil-Kpk-Dan-Pecah. (17 mei 2016).

Khoirunisa, Rahma Dwi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematika Tulis Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 02, No. 03. [Online]. http://ejurnal.unesa.ac.id/index,php/mathedunesa/article/view/3895/pdf. (22 Mei 2016).

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. http://www.oecd.org. (31 Oktober 2015).

Qohar, A. 2009. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi, dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Reciprocal Teaching. Desertasi. Bandung: PPS UPI. [Online]. http://repository.upi.edu/8319/7/t_mtk_1010023_bilbliography.pdf. (10 Juni 2016).

Rohaeti, Eis Eti. 2003. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Improve untuk meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SLTP. Tesis. Bandung: PPS UPI. [Online]. http://file.upi.edu/Direktori/Jurnal/Pendidikan_Dasar/Nomor_12-Oktober_2009/Pembelajaran_Matematika_Dengan_Strategi_Kooperatif_Tipe_Student_Teams_Achievement_Divisions_Untuk_Meningkatkan_Kemampuan_Komunikasi_Matematik_Siswa.Pdf. (01 Mei 2016).

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Yang Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Lela Komala.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi. Lampung: Unila.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah dan Rohayati, A. 2003. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA FMIPA UPI.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wijayanto, Fajar Ari. 2014. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 02, No. 02. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/7385/1/p30.pdf. (08 November 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.