PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

Elyda Sari, Caswita Caswita, Syariffuddin Dahlan

Abstract


The research aimed to develop metacognition based student worksheet. This research used development procedures of Borg & Gall. The trial test was done on students of VIII H class of SMP Al Kautsar Bandar Lampung. The results which were obtained that student worksheet was valid according to media and material expert, practical, and able to enhance the problem solving ability of students. The improving result of students problem-solving ability can be seen from the number of students who scored above the minimum criteria of mastery learning was more than 60%.

Penelitian bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis metakognisi. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas VIII H SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Hasil yang diperoleh bahwa LKPD yang dikembangkan valid menurut ahli media dan ahli materi, praktis menurut peserta didik, dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal lebih dari 60%.

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja peserta didik, metakognisi


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, James. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing, A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Budiono dan Wardono. 2014. PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor, November 2014, 3. Semarang. [Online]. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme. (20 Desember 2016).

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika (Edisi Revisi). Bandung: JICA.

Marzano, R. J., Brandt, R. S., Haghes, C. S., Jones, B. F., Presseisen, B. Z., Rankin, S. C., Suhor, A. C. 1988. Dimension of Thinking. Virginia: ASCD Press. [Online]. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED294222.pdf. (29 September 2015).

Mawaddah, Siti dan Anisah, Hana. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2015, hlm 166 175. Banjarmasin. [Online]. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/download/644/551. (20 Desember 2016).

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. [Online]. http://www.nctm.org/standards. (5 Agustus 2015).

Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Prastowo, Andi.2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Schoenfeld, A.1992. Hand Book of Researh on Mathematics Teaching and Learning, Mc Millan Co.New York. [Online]. http://mathforum.org/sarah/Discussion.Sessions/Schoenfeld.html. (5 Agustus 2015).

Sujono. 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Theresia, Laurens. 2011. Pengembangan Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Nasional Matematika. [Online]. https://p4mriunpat.wordpress.com/2011/11/14/metakognisi-dalam-pembelajaran-matematika. (14 April 2015).

Windari, F., Dwina, F., Suherman. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 hal 25-28. Padang. [Online]. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1182. (20 Desember 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: