PENGEMBANGAN LKPD PBL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS

Lyna Yuni Artika, Sugeng Sutiarso, Tina Yunarti

Abstract


This research aimed to develop student worksheets on problem based learning for facilitating critical thinking skills and students mathematical disposition. The population was all students of grade XI of SMK Negeri 2 Banjit in academic year of 2015/2016. The trial test was conducted on students of XI AK class. It occupied Reserach and Development utilizing procedures established by Borg and Gall, started from prasurvey and information collecting, planning, develop of first product, field testing, product revision, main field test and then operational product revision. The data collected is data critical thinking skills and mathematical disposition. The data obtained through field notes, interviews, validation and documentation of the LKPD learning process and then descriptive analyzed. The result of reseach showed that worksheets developed able to facilitate critical thinking skills and students dispositionmathematic evident from the emergence of all indicators of critical thinking skills and mathematical disposition.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada Problem Based Learning dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Banjit tahun pelajaran 2015/2016. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI AK. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur Borg & Gall, diawali dengan melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, mengembangkan jenis/bentuk produk awal, melakukan uji coba tahap awal, melakukan revisi terhadap produk utama, melakukan uji coba lapangan kemudian melakukan revisi terhadap produk operasional. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis. Data diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara, validasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran menggunakan LKPD kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa terlihat dari munculnya semua indikator kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis.

Kata kunci: disposisi matematis, berpikir kritis, PBL


Full Text:

PDF

References


Arends. 1997. Classroom Instruction and Management. USA: the Mc. Graw-Hill Companies.

Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Bruner, J. 1990. Acts of Meaning. Cambridge: Havard University Press.

Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Depdiknas. 2006. Panduan Umum Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.

Ennis, R. H. 2000. A Super-Streamlined Conception of Critical Thinking. [Online]. http://www.criticalthinking.net/SSConcCTApr3.html. [22 Desember 2015].

Facione. 1997. Concept Journaling to Increase Critical Thinking Dispositions and Problem Solving Skills in Adult Education. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 4, No. 1. [Online]. http://www.hraljournal.com. [16 Juni 2015].

Gagne, R. & Briggs, L. J. 1979. Principle of Instructional Design. New York: Holt Rinchart and Winstone.

Herman, T. 2005. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. Bandung: UPI.

Johnson. 2002. Development of Mathematiccs Learning Media A Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skiil and Character of Junior High School Students. [Online]. http://www.ijern.com/journal/2014/November2014/44.pdf. [07 Juni 2015].

NCTM. 1991. Evaluation of Teaching: Standard 6: Promoting Mathematical Disposition. [Online]. http://www.fayar.net/east/teacher.web/math/Standards/previous/ProfStds/EvTeachM6.htm. [09 Juni 2015].

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Slavin, R. E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disampaikan pada seminar di FPMIPA, UPI.

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.