PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE
Abstract
This research aimed to find out the influence of guided discovery learning model towards students mathematical representation ability and self confidence. The population of this research was all students of grade 8th of SMP Negeri 5 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 which was distributed into 20 classes and using the purposive sampling technique, it was selected students of VIII J and VIII K class as samples of this research. The design which was used was posttest only control group design. The conclusion of this research was guided discovery learning model generally did not affect towards students mathematical representation ability and self confidence, but students mathematical representation ability who were taught by guided discovery learning model were higher than students mathematical representation ability who were taught by conventional learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 20 kelas dan menggunakan teknik purposive sampling, terpilih siswa kelas VIII J dan VIII K sebagai sampel penelitian ini. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Kesimpulan penelitian ini adalah model guided discovery learning secara umum tidak berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa, namun kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model guided discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: guided discovery learning, representasi matematis, self confidence
Full Text:
PDFReferences
Alhadad, Syarifah Fadillah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Disertasi. Bandung: UPI. [Online]. http://repository.upi.edu. [5 Oktober 2016].
Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Martyanti, Adhetia. 2013. Membangun Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Tesis. Yogyakarta: UNY. [Online]. http://e-print.uny.ac.id/. [13 Februari 2017].
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Mudzzakir, Hera Sri. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Ke-mampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis. Bandung: UPI. [Online]. http://repository.upi.edu/. [25 Oktober 2016].
Muhamad, Nurdin. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Skripsi. Garut: Uniga. [Online] http://journal.uniga.ac.id/. [14 Desember 2016].
Mullis, Ina VS., Martin, M. O dan Foy, Pierre. 2012. TIMSS 2011 Internasional Result In Mathematics. Chestnut Hill, MA; Boston College. [Online]. http://timssandpirls.bc.edu/. [6 Oktober 2016].
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.
Shadiq, Fadjar. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Jakarta: Nurul Hidayah.
Sudrajat, D. 2008. Program Pengembangan Self-Efficacy Bagi Konselor di SMA Negeri Se-Kota Bandung. Tesis. Bandung: UPI. [Online]. http://jurnal.upi.edu/. [24 Januari 2017].
Sutisna, Cucu. 2010. Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Strategi Layanan Bimbingan Kelompok. Tesis. Bandung: UPI. [Online]. http://repository.upi.edu/8928/. [24 Januari 2017].
Yusnani, Hani. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila. [14 Desember 2016].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.