EFEKTIVITAS ALQURUN TEACHING MODEL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Ariesta Yanada Putri, Sugeng Sutiarso, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of alqurun teaching model in terms of students conceptual understanding of mathematics. This research used posttest only control group design. The population of this research was all students of grade 7th of SMP IT Ar-Raihan Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that was distributed into 4 classes and two classes were selected to be samples by purposive random sampling technique. Based on the result of research, alqurun teaching model was not effective in terms of students conceptual understanding of mathematics.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas alqurun teaching model ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Ar-Raihan Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 4 kelas dan 2 kelas dipilih sebagai sampel melalui teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, alqurun teaching model tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: alqurun teaching model, efektivitas, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Mullis, I. V. S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2011 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center.

OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus What 15-Year-Olds Know and What They can Do with What They Know. [Online]. http://www.oecd.org/pisa/ keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf. [17 Oktober 2016].

Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No. 506/C/Kep/PP/2004. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ruseffendi, E.T. 2006. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Siregar. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Metode Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSEN-Co). ISBN: 978-602-74581-0-9. Bandarlampung: IAIN Raden Intan.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.