DESKRIPSI PERCAKAPAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Husain Khairi, Tina Yunarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This qualitative research was aimed to describe the students mathematical discourse in Socratic Scientific learning to facilitate mathematical communication ability. The subject of this research was students of VII H class of SMPN 10 Bandarlampung in academic year of 2016/2017. The qualitative data of this research was about students mathematical discourse which were gotten by observation and interview. Three procedures of data analysis were data reduction, data display, and conclusion verification. Based on the research, it was concluded that in mathematical discourse, there were: (1) mathematical expression and written text as the dominant indicators of mathematical communication ability, (2) clarification as Socratic question that was used by teacher more frequently, and (3) communicating as Scientific phase that was more frequently appeared. Besides that, the research findings were characteristic pattern of mathematical discourse, mathematical discourse form, and the factors that influence students response in mathematical discourse.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan matematis siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMPN 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam percakapan matematis terdapat: (1) mathematical expression dan written text sebagai indikator kemampuan komunikasi yang dominan muncul, (2) pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi yang lebih banyak digunakan guru, dan (3) tahap mengomunikasikan sebagai tahapan Saintifik yang banyak terlihat. Selain itu, diperoleh temuan berupa pola karakteristik percakapan matematis, bentuk percakapan matematis, dan faktor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, percakapan matematis, Socrates Saintifik


Full Text:

PDF

References


Bradford, Susann Meachelle. 2007. The Use of Mathematics Dialogues to Support Student Learning in High School Prealgebra Classes. Thesis, Dissertations, Professional Paper. Paper 1099. (Online). http://scholarworks.umt.edu/etd/1098/. (10 Juli 2016).

Fisher, Craig. 2010. Discuss, Participation, and Feedback in Online Course. 2010 ISECON Proceedings. V27 n1382. (Online). http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.296.8559&rep=rep1&type=pdf. (08 Februari 2017).

GCTM. 2015. Why Number Talks by NCTM. (Online). http://new.gctm-resources.org. (18 Oktober 2016).

Minichiello, Mario. 2012. Drawing as Visual Communication. Disertasi. Loughborough: Loughborough University.

Muchlis, Fuad. 2009. Analisis Komunikasi Partisipatif dalam Program Pemberdayaan Masyarakat. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Mulyadi, Mohammad. 2011. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Penggabungannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol. 15 No. 1, JanuariJuni 2011. (Online). http://www.academia.edu/download/39420026/ipi198551.pdf. (09 Februari 2017).

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Pungthong, Viriya. 2004. Drawing for communicaton. Disertasi. Ohio: The Ohio State University.

Purver, Matthew. 2003. Answering Clarification Questions. Proceedings of the 4th SIGdial Workshop on Discourse and Dialogue. p. 23-33. (Online). http://www.eecs.qmul.ac.uk/~mpurver/papers/purver-et-al03sigdial.pdf. (10 Februari 2017).

Sarnawi, M. Dasim. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Disertasi. Bandung: UPI.

Suharyat, Yayat. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. Jurnal Region. Vol. 1 No. 2, Juni 2009. (Online). http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/region/article/view/489. (08 Februari 2017).

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1, No.1, Februari 2012. (Online). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/2. (10 September 2016).

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.