PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL PBL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
The aim of this research and development was to find out the validity and the effectivityof developed math learning materials by PBL in developing students creative thinking ability. The subjects of this research were the tenth grade students of MAN 2 Lampung Utara. The result showed that based on the judgement of the experts on learning materials, design and media, the developed learning materials have met the requirements and eligibility standard. The result of this research of data analysis confirmed that the mean score of students learning result passed the school passing grade and it was good. Besides, through data analysis of students respon, it showed that students respon was good so that the learning process by developed learning materials could be able to develop students creative thinking.
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan efektivitas pengembangan bahan ajar matematika dengan model PBL dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA2 MAN 2 Lampung Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar telah memenuhi syarat dan standar kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli desain dan media. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata hasil tes belajar peserta didik menunjukan hasil yang baik yaitu terlampauinya KKM, dan juga analisis data berupa respon menunjukan bahwa peserta didik merespon dengan baik, sehingga pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan mampu mengembangkan berpikir kreatif peserta didik.
Kata kunci: bahan ajar, berpikir kreatif, problembased learning
Full Text:
PDFReferences
Hassoubah, Zaleha Izhab. 2008. Mengasah Pikiran Kretaif dan kritis. Bandung: Nuansa.
Johnson, Elaine B. 2014. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa Learning.
Kemendikbud. 2012. Survey International TIMSS. [Online]. http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php/survei-international-timss. (25 Maret 2016).
Khayati, Fitrotul. 2015. Mengembangkan Modul Matematika untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. Tesis Magister UNS.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Noer, Sri Hastuti. 2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Apa, Mengapa, dan Bagaimana). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Panen, P dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tan, Seng Oon. 2004. Enhancing Thinking Through Problem Based Learning Approaches: International Perspectives. Singapura: Cengange Learning.
Tarrow, N. B. dan Lundsteen. 1978. Guiding Young Children Learning. New York: McGraw-Hill Book Company.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.