PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of cooperative learning model of think pair share type towards students mathematical representations skill. The design which was used was one group pretest-posttest with the population was all students of grade seventh of SMPN 20 Bandarlampung in academic year of 2015/2016 and the research samples were students of VIIH class that were determined by purposive sampling technique. The data of students mathematical representations skill were obtained by test. Based on the resultof this research, it was concluded that the implementation of cooperative learning model of think pair share type was influence towards students mathematical representations skill.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest dengan populasinya seluruh siswa kelas VII SMPN 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIH yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan representasi matematis siswa diperoleh dari tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Kata kunci: pengaruh, representasi matematis, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Herman. 2006. Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. [Online]. [http://eprints.uny.ac.id. diakses pada 20 Januari 2016].
Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. [Online]. [http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id diakses pada 23 November 2015].
Ikashaum, Fertilia. 2014. Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran TTW dan TPS. [Online]. [http://jurnal.fkip.unila.ac.id. diakses pada 27 Mei 2016].
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. [Online]. [http://www. nctm.org. diakses pada 11 November 2015].
Pratama, Yosse. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
TIMSS. 2011. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. [http://timssandpirls.bc.edu. diakses pada 12 November 2015].
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah, Rohayati, Ade. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.