EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Ikhwanudin Ikhwanudin, Tina Yunarti, Rini Asnawati

Abstract


This research aimed to find out the effectiveness of Socrates Contextual Learning in terms of students mathematical conceptual understanding ability. This quasi-experimental research used one group pretest-posttest design. The population of this research was all students of grade VII of SMP Negeri 19 Bandarlampung in academic year of 2015/2016. By purposive sampling technique, it was chosen students of VII C class as the research sample. The research data were obtained by mathematical conceptual understanding ability test. Based on hypothesis testing, it can be concluded that Socrates Contextual Learning was not effective in terms of students mathematical conceptual understanding ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Socrates Kontekstual ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016. Dengan teknik purposive sampling terpilih siswa kelas VII C sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematik. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran Socrates Kontekstual tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, socrates kontekstual


Full Text:

PDF

References


Afidah, I. N., Santosa, S., & Indrowati, M. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Socratic Circles disertai Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

BSNP. 2014. Peraturan Standar Nasional Pendidikan Nomor :0027/P/BSNP/IX/2014 Tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2014/2015. [Online]. [http://bsnpindonesia.org. diakses pada 17 Januari 2016].

Kemendikbud. 2015. Hasil Ujian Nasional SMP Tahun 2015. [Online]. [http://www.kemendiknas.go.id. diakses pada 17 Januari 2016].

Pahlevi, Septi Reza. 2014. Pengaruh Metode Socrates dalam Pembelajaran Bangun Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Kristen Satya Wacana Tahun Ajaran 2013/2014. (Skripsi). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Redhana, I. W., Sudiatmika, A. I. A. R., & Artawan, I. K., 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratic untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Riyanto, Yatim. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grasindo Persada.

Yunarti, T. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.