EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Della Anggraini, Pentatito Gunowibowo, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem based learning viewed by student's mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade seventh in Junior High School 22 Bandar Lampung that were distributed into 12 classes. The samples of this research were students of VII-A and VII-B class which were chosen by purposive random sampling. This research used pretest-posttest control design. Based on the result of this research, it was concluded that problem based learning wasnt effective viewed by student's mathematical communication skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. Kurikulum. [Online]. [http://www.puskur.net/ diakses pada 15 Oktober 2015].

Istiqomah, N. 2007. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Negeri Sekaran 2 pada Materi Pokok KPK dan Pecahan dengan Menggunakan Pembelajaran KBK Bercirikan Pendayagunaan Alat Peraga dan Pendampingan. Tesis. Bandung: UPI.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. [Online]. [http//www.nctm.org. diakses pada 15 Oktober 2015].

OECD. 2013. PISA 2012 Result: Ready to Learn Students Engagement and Self-Beliefs Volume III. Paris: PISA, OECD Publishing.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Qohar, A. 2009. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi, dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching. Disertasi. Bandung: UPI.

Rohaeti, E. 2003. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SLTP. Tesis. Bandung: UPI.

Sumarmo. 2012. Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: STKIP Siliwangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.