PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN KONVENSIONAL

Wahyu Bagus Pramono, Budi Koestoro, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research was aimed to know the differences of mathematical learning achievemnet between contextual and conventional approach. Based on the result of t-test analysis with ? = 5 %, it was gotten thitung= 1,11 less then ttabel=1,645. Thus, it was concluded that in grade VII students of SMP Budi Karya Natar, the mathematical learning achievement in contextual approach was not better than conventional approach.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara pendekatan kontekstual dan konvensional. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan ? = 5 %, diperoleh thitung = 1,11 lebih kecil daripada ttabel = 1,645. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa pada siswa kelas VII SMP Budi Karya Natar, prestasi belajar matematika siswa dalam pendekatan kontekstual tidak lebih baik dibandingkan pendekatan konvensional.

Kata kunci: kontekstual, konvensional, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ibrahim, R dan Syaodih, N. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, Kartika. 2006. Kajian Beberapa Uji Kenormalan dan Kaitannya dengan Asumsi Kenormalan pada Uji t. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.