HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES
Sari
The purpose of this study was to determine the relationship between the level of physical fitness and academic achievement of students. The research methodology used in this study was the correlation method. The sample used was a sample population which were the fifth grade students at SDN 2 Sukoharjo III Pringsewu totaling 40 students. Collecting data was using the documentation, and physical fitness tests. From the results, it obtained that of the correlation value of r count was 0,535 and r tables was 0,312 and the significant value / t count was 3.903 and t table was 1.686. Because r count larger than r table and significant value / t is greater than t table ,it can be concluded that there is a significant relationship between the level of physical fitness and academic achievement fifth grade students of SD Negeri 2 Sukoharjo III Pringsewu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kebugaran jasmani dengan prestasi belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel yang digunakan adalah populasi sample yaitu siswa kelas V di SD Negeri 2 Sukoharjo III Pringsewu yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan tes kebugaran jasmani. Dari hasil penelitian didapatkan hasil nilai korelasi r hitung sebesar 0,535 dan r tabel sebesar 0,312 dan nilai signifikan/t hitung sebesar 3,903 dan t tabel adalah 1,686. Karena r hitung lebih besar dari r tabel dan nilai signifikan/t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sukoharjo III Pringsewu.
Kata kunci : prestasi belajar, tingkat kebugaran jasmani siswa.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Lutan, R. .2001. Mengajar Pendidikan Jasmani (Pendekatan Pendidikan Gerak Di Sekolah Dasar). Jakarta: Depdiknas.
Poerwodarminto. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI). Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Surahmat, W. 1982. Cara Belajar Terbaik di Universitas. Bandung: Tarsito.
Vitale, F. 1973. Individuale Fitness Programs. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##