Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Pada SMP Kota Bandar Lampung

Richa Putri Aprilia, Herpratiwi Herpratiwi, Budi Koestoro

Abstract


This study aims to produce a product in the form of learning module based on contextual approach that can improve the understanding of mathematical concepts on the rectangular building material. This research was using research and development method. Data were analyzed descriptively and quantitatively This research was conducted in two schools namely SMPN 22 Bandar Lampung and SMPN 8 Bandar Lampung. Further analyzed using effectiveness test, efficiency, and attractiveness, and t-test. The results showed that the average N-Gain was 0.75 (effective), the average efficiency was 1.11> 1 (high), the attractiveness was 90.5% (very interesting) and based on t-test of normalized N-gain from both schools, the resulting sign (2 tailed) value is less than 0.05, then Ho is rejected means the development of learning module based on contextual approach is an effective product in the learning process so as to improve the understanding of mathematical concepts of learners.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang dapat meingkatkan pemahaman konsep matematis pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan tujuh langkah Borg and Gall (1989). Penelitian dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMPN 22 Bandar Lampung dan SMPN 8 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket) dan tes. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji efektifitas, efisiensi, dan kemenarikan serta uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain ternormalisasi 0,75 (efektif ), rata-rata efisiensi diperoleh nilai rasio 1,11>1 (tinggi), kemenarikan 90,5% (sangat menarik) dan berdasarkan uji- t N-gain dari kedua sekolah didapatkan nilai sign (2 tailed) kurang dari 0,05, maka Ho ditolak berarti pengembangan modul pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual merupakan produk yang efektif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik .

Kata kunci:  modul, pendekatan kontekstual, pemahaman konsep matematis.


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan . 2015. Survei Internasional PISA. (online) litbang. kemdikbud.go.id/detail.php?id=214 (diakses 5 Januari 2016).

Depdiknas.2008. Kurikulum 2008 Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Kesumawati, Nila. 2013. Pemahaman Konsep matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 9 November 2013: Universi-tas PGRI Palembang.

Muliana,dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Mate-matika ditinjau dari Kebiasaan Belajar Siswa SMP Dwijendra Bualu. Jurnal Program Pasca Sarjana Pendidikan Mate-matika Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, Vol(2).

Nurhadi .2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya pada KBK.Malang :UM.

Pemerintah Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Purwaningsih, Ayu. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Recri-prool Teaching Siswa SMP Kelas VII. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMPI) Universitas Muhammadyah Surakarta, Prosiding. ISSN :2502-6526. Terse-dia [online]: http://jurnal.-fkip.unsyah.ac.id/index.-php/JTP/article/view/2274/[28 Oktober 2017].

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Trisnaningsih, Widiani. 2015. Pengembangan Bahan Ajar “Worksheets” untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK. Tesis. FKIP Unila PPSJ Teknologi Pendidikan. Lampung.

Sembiring, Juli Maria. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Muhammadyah 2 Medan. Jurnal Program Pasca Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Medan,Vol(2).

Zuliana. 2015. Pengembangan Modul Matematika SMA Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Linggau. Tesis: Tidak Diterbitkan.Tersedia: http://digilib.unbengkulu.ac.id/public/Universitas-bengkulu-Master-32864834567884.Abstrak.pdf. [ 07 Desember 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.