Pengembangan Modul Sulam Usus Lampung Pada Diklat Kewirausahaan Bagi Warga Belajar

Rida Aprilia, Herpratiwi Herpratiwi, Riswandi Riswandi

Abstract


This research was conducted to analyzed (1)empirical data about potential of module development, (2)the module development process (3)the effectiveness of module (4)the efficiency of module and (5)the attractiveness of module. Research approach that is used in this research about research and development which is combined by using design model in ASSURE learning. Data collected by questionnaire and test instrument, then quantitative descriptive data analysis technique have used to analyze the data in this research. The results show that (1) the module has developed based on the existing potential and the product is used to improve the process and the results of the training; (2)the module are considered good quality at the experts review, design trials and field test; (3) The effectiveness of the module is quite effective which is score (.34 > .05); (4) While the efficiency measurement obtained 92.08% score (very efficient); (5) learning attractiveness measurement obtained 90.98% score (very interesting).

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis (1) data empiris tentang potensi dikembangkannya modul (2) proses pengembangan modul (3) efektifitas modul (4) efisiensi modul serta (5) daya tarik modul. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dikombinasikan dengan model desain pembelajaran ASSURE. Data dikumpulkan dengan angket dan instrumen tes selanjutnya analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan modul dikembangkan berdasarkan potensi yang ada dan produknya digunakan untuk memperbaiki proses dan hasil diklat; (2)modul dinilai berkualitas baik pada tahap telaah pakar, uji coba desain dan uji lapangan; (3)tingkat efektifitas modul cukup efektif dengan hasil (.34 > .05); (4) Pengukuran efisiensi diperoleh skor 92,08% (sangat efisien); (5) daya tarik pembelajaran diperoleh skor 90,98% (sangat menarik).

Kata kunci : pengembangan, modul, efektif, efisien, daya tarik


Full Text:

PDF

References


Abdurrahmat Fathoni. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Rineka Cipta.

Borg dan Gall. 2003. Educational Research an Introduction, Seventh Editions. United State of America: University.

Depdiknas .2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Depdiknas.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 .2009.Pedoman Penulisan Modul Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta.

Smaldino, E Sharon.2011. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar.Jakarta:: Kencana Prenada Media Grup.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugeng. 2008. Pembelajaran Keterampilan Sulam Usus di Sanggar Rahayu Kecamatan Tanjung seneng Bandar Lampung. Tesis Pada Magister Teknologi Pendidikan Unila: Tidak diterbitkan.

Syofyan, Harlinda. 2016. Penyuluhan dan Pelatihan Keterampilan Menyulam di Wilayah Kecamatan Pamijahan Gunung Bunder Bogor. Jurnal Abdimas Volume 2 Nomor 2.http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-7345-Artikel_Harlinda.pdf Diakses pada tanggal 16 Februari 2016.

Thomas, Angela M. 1997. Coaching for staff development. Yogyakarta : Kanisius .

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.