Pengembangan Modul Sulam Usus Lampung Pada Diklat Kewirausahaan Bagi Warga Belajar
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis (1) data empiris tentang potensi dikembangkannya modul (2) proses pengembangan modul (3) efektifitas modul (4) efisiensi modul serta (5) daya tarik modul. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dikombinasikan dengan model desain pembelajaran ASSURE. Data dikumpulkan dengan angket dan instrumen tes selanjutnya analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan modul dikembangkan berdasarkan potensi yang ada dan produknya digunakan untuk memperbaiki proses dan hasil diklat; (2)modul dinilai berkualitas baik pada tahap telaah pakar, uji coba desain dan uji lapangan; (3)tingkat efektifitas modul cukup efektif dengan hasil (.34 > .05); (4) Pengukuran efisiensi diperoleh skor 92,08% (sangat efisien); (5) daya tarik pembelajaran diperoleh skor 90,98% (sangat menarik).
Kata kunci : pengembangan, modul, efektif, efisien, daya tarik
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahmat Fathoni. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Rineka Cipta.
Borg dan Gall. 2003. Educational Research an Introduction, Seventh Editions. United State of America: University.
Depdiknas .2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Depdiknas.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 .2009.Pedoman Penulisan Modul Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta.
Smaldino, E Sharon.2011. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar.Jakarta:: Kencana Prenada Media Grup.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugeng. 2008. Pembelajaran Keterampilan Sulam Usus di Sanggar Rahayu Kecamatan Tanjung seneng Bandar Lampung. Tesis Pada Magister Teknologi Pendidikan Unila: Tidak diterbitkan.
Syofyan, Harlinda. 2016. Penyuluhan dan Pelatihan Keterampilan Menyulam di Wilayah Kecamatan Pamijahan Gunung Bunder Bogor. Jurnal Abdimas Volume 2 Nomor 2.http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-7345-Artikel_Harlinda.pdf Diakses pada tanggal 16 Februari 2016.
Thomas, Angela M. 1997. Coaching for staff development. Yogyakarta : Kanisius .
Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.