Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Membuat Dokumen Pengolah Angka Melalui Metode Drill And Practice

Ahmad Ridwan, Sulton Djasmi, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


This study aims to improve the quality of learning by analyzing and finding accurately.The results of the research are: (1) drill and practice method steps that is getting the objectives, demonstrating knowledge or skill, giving guided exercises, checking comprehension and giving feedback, giving further training, (2) making learning design begins with Analysis of students' learning needs (student age, student condition, initial skills, learning style, and character analysis of materials), the design used is ASSURE design, (3) learning process using drill and practice method improves honest and student discipline, (4) Evaluation of ICT learning outcomes with the method of learning drill and practice with test form description has validity 0.85, 0.82, and 0.83. Reliability of test questions in cycle 1, 2 and 3 are respectively 0.919; 0.901; And 0,915, (5) the exhaustiveness of cognitive learning result of grade VIII students reaches completeness criteria of at least 80%.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan dengan tepat. Hasil penelitian adalah: (1) langkah-langkah metode drill and practice yaitu mendapatkan tujuan-tujuan, mendemonstrasikan pengetahuan atau skill, memberikan latihan-latihan yang dibimbing, mengecek pemahaman dan memberikan feedback, memberikan latihan lanjut, (2) pembuatan desain pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan belajar siswa (umur siswa, kondisi siswa, keterampilan awal, gaya belajar, dan analisis karakter materi), desain yang digunakan adalah desain ASSURE, (3) proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill and practice meningkatkan jujur dan disiplin siswa, (4) Evaluasi hasil pembelajaran TIK dengan dengan metode pembelajaran drill and practice dengan tes bentuk uraian memiliki validitas 0.85, 0.82, dan 0,83. Reliabilitas soal tes pada siklus 1, 2 dan 3 adalah 0,919;0,901; dan 0,915, (5) ketuntasan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII mencapai KKM 80%.

Kata kunci : hasil belajar, TIK, metode pembelajaran drill and practice


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

Depdiknas. 2007. Peraturan Pemerintah RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

Great News Network. 2007. Drill and Practice. http://blog.persimpangan.com/blog/2007/08/15/drill-and-practice. 10/3/2015. 10:57.

Haswita, Lina Agustina. 2014. Implementasi Metode Drill And Practice Kompetensi Anatomi Fisiologi Sistem Kardiovaskular Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester I Prodi D. III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida Vol. 1. Banyuwangi: Akademi Kesehatan Rustida.

Masithoh, Ambar. 2007. Implementasi Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Stoikiometri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cawas Semester 1 Tahun Pelajaran 2006/2007. http://eprints.uns.ac.id/2089/1/55811006200911131.pdf 12/3/2015. 11:30.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Seno Adhi. Redjeki, Tri. Mulyani, Sri. 2014. Penerapan Metode Drill And Practice Dilengkapi Modul Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 4. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nurhidayati, Siti. 2010. Implementasi Improving Learning dengan Metode Drill and Resitasi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa. http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=showview&id=17242. 14/3/2015. 11:15.

Pandia, Henry. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Pribadi, Benny A. 2009. Model-model Pembelajaran Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PPS UNJ.

Reigeluth, Charles M, dan Alison. 2007. Instructional Design Theories and Models. Lawrence Erlbaum Associates, Mahwah, London: New Jersey.

Sarahdevina 2010. Drill and Practice dalam CIA. http://sarahdevina.wordpress.com/2010/06/04/cai-drill-practice. 10/3/2015. 10:05.

Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punai. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smaldino, Lowther, dan Russell. 2008. Instructional Technology and Media For Learning. Upper Sadlle River. Ohio: New Jersey Columbus.

Smith, K. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Suparman, M. Atwi. 2001. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Susilowati, Erny. Santoso, Sigit. Hamidi, Nurhasan. 2013. Pengunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jupe UNS, Vol. 1 No. 3. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Taniredja, Tukiran. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.