Pengembangan Modul Berbasis PBL Untuk Pembentukkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA di Lampung Timur

Ririn Noviyanti, Adelina Hasyim, Arwin Surbakti

Abstract


The purpose of this research were 1) to describe the process of developing PBL-based learning modules, 2) to analyze the effectiveness of PBL-based learning modules; 3) analyze the attractiveness of PBL-based learning modules.This research used research and development approach Borg and Gall method. The research was conducted in SMAN 1 Bandar Sribhawono, SMAN 1 Waway Karya, SMAN 1 Sekampung Udik in East Lampung District. Data collection using questionnaires and test instruments. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. The conclusions of this research are 1) module development process validated by content expert, media expert and design expert 2) effective module used with normalized gain average> 0.5; 3) interesting module seen from the results of the average attractiveness test> 80%.

Tujuan penenlitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran berorientasi PBL;2) menganalisis efektifitas modul pembelajaran berorientasi PBL; 3)menganalisis kemenarikan modul pembelajaran berorientasi PBL. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan metode Borg and Gall. Penelitian di laksanakan di SMAN 1 Bandar Sribhawono, SMAN 1 Waway Karya, SMAN 1 Sekampung Udik di Kabupaten Lampung Timur. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrument tes. Pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, tes dan angket. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Datadianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1)proses pengembangan modul di validasi oleh ahli konten, ahli media, dan ahli desain;2) modul efektif digunakan dengan rata rata gain ternormalisasi > 0,5; 3) modul menarik dilihat dari hasil uji kemenarikan rata rata > 80%.

Kata kunci : modul, PBL, kemampuan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Belawati, Tian dkk.2003. Psikologi Pendidikan Pengembangan. Jakarta: Penerbit UT.

Budiningsih, Asri C. DR. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Degeng, I Nyoman Sudana. 2000. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek pengembangan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

HEPI. 2015. Meta Analisis Berpikir Tingkat Tinggi vs Sains. (Online). (http://www.hepibali.org, diakses 25 juli 2016)

Kemendikbud. 2011. Survey International PISA. (Online). (http://litbang.kemdikbud.go.ig, diakses 18 juli 2016).

Lestari, Ika. 2013.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia.

Liliasari. 2011. Pengembangan Keterampilan Generik Sains untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Makalah -Joint -Sem UiTM (diakses 19 Agustus 2016 ).

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom DIKNAS.

Puspitasari, Ratih Dewi, 2014. Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis untuk Memberdayakan Hasil Belajar Siswa kelas X Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Di akses dari www.digilib.uns.ac.id.

Ruhimat, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Gravindo.

Sagala, Syaiful DR. Prof. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyawati, LY. 2013. Wawasan Globalisasi dalam Pendidikan. (Online).

Sholeh, Sugi. 2011. Cara Membuat Pedoman Buku Modul. (Online).

Sudarma, M.2013. Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kritis. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Susanto, Hadi. 2013. Keterampilan Berpikir Kritis. Diakses dari https://bagawanbiyasa.wordpress.com/2013/05/02/kemampuan-berpikir-kritis/.

Toharudin, Uus., Hendrawati, S., dan Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.