Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA

Deka Andriani, Dwi Yulianti, Tri Jalmo

Abstract


This study aims to produce a module of biology learning based on critical thinking skills that are effective in improving learning outcomes for students in senior high school grade X.The Study using Borg and Gall development method and product effectiveness test is using U Mann-Whitney test based on N-Gain calculation obtained from pretest and posttest score of each experimental class and control class and product attractiveness is determined by indicator according to percentage range. Data collection, for the feasibility and attractiveness of the module using a questionnaire while the effectiveness of the module is using the instrument test. Product trials were conducted at SMAN 1 Seputih Mataram, SMAN 1 Seputih Agung and SMAN 1 Terusan Nunyai district of Central Lampung with Pretest Posttest Control Group Design. The sample of the research is 94 people for experiment class and 94 people for control class. The result of data analysis shows that there is a significant increase of student learning outcomes and the module is very interesting with the percentage of attractiveness of 93% and the ease with the percentage of 84.67%.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan berpikir kritis yang efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA. Penelitian menggunakan metode pengembangan Borg and Gall, uji efektivitas produk menggunakan U Mann-Whitney test berdasarkan perhitungan N-Gain yang diperoleh dari skor pretes dan postes masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol dan daya tarik produk ditetapkan dengan indikator sesuai rentang persentase. Pengumpulan data antara lain untuk kelayakan dan daya tarik modul menggunakan angket sementara efektivitas modul menggunakan instrument tes. Uji coba produk dilaksanakan di SMAN 1 Seputih Mataram, SMAN 1 Seputih Agung dan SMAN 1 Terusan Nunyai kabupaten Lampung Tengah dengan Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA sebanyak 94 orang untuk kelas eksperimen dan 94 orang untuk kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siswa dan modul sangat menarik dengan persentase kemenarikan sebesar 93% dan kemudahan dengan persentase 84,67%.

Kata Kunci : pengembangan bahan ajar, modul, keterampilan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Yogyakarta: Rineka Cipta

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta

Daryanto.2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media

Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta : Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional

Duron, Robert., Barbara Limbach and Wendy Waugh. 2006. Critical Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2006, Volume 17, Number 2. Diakses dari http://www.isetl.org/ijtlhe/pdf/IJTLHE55.pdf

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Kurfis, Joanne G. 1988. Critical thinking : Theory, Research, Practice, and Possibilities. Association for the Study of Higher Education.; ERICClearinghouse on Higher Education, Washington,D.C. Diakses dari http://files.eric.ed.gov/fullteX t/ED304041.pdf

Meltzer, D.E. 2002. The Relationsip Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning gains in Physics: Posisible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics.Diakses dari http://www.physicseducation.net/docs/AJP-Dec-2002-Vol.70-1259-1268.pdf

Mahnun, Nunun. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam; Vol 37,No 1 Januari-Juni 2012. Diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/download/310/293

Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana

Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik.Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, April 2011. Diakses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/706/570

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:DIVA Press

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta

Prodi Teknologi Pendidikan PPS UNJ. 2009. Model-model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PPS UNJ

Puspitasari, Ratih Dewi. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis untuk Memberdayakan Hasil Belajar Siswa kelas X pada Materi Sistem Gerak Manusia. Tesis. Diakses dari www.digilib.uns.ac.id pada tanggal 15 Januari 2015

Smaldino, Sharon. E., Deborah L. Lowther., dan James D.2011. Russel. Instructional Technology & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta : Kecana Prenada Media Group

Somakim. 2008. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan penggunaan pendidikan matematika realistik. Diakses dari http://eprints.unsri.ac.id/1526/1/08-Somakim_Matematika-%2842-48%29.pdf pada tanggal 15 Januari 2015

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung:Alfabeta

Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga

Sungkono. 2014. Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran . Diakses dari : http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Sungkono,%20M.Pd.http:/staff.uny.ac.id/node/5362/edit/ARTIKEL%20%20BAHAN%20AJAR-modul.doc pada tanggal 30 November 2014

Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajar. Jakarta : Mahaputra Adidaya

Susanto, Hadi. 2013. Keterampilan Berpikir Kritis. Diakses dari https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/02/kemampuan-berpikir kritis/ tanggal 5 Januari 2015

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan pembelajaran. Surabaya: Rosda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.