PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI BAHASA INGGRIS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KARIKATUR

Apri Mahendra Putra, Bambang Setiyadi, Ni Nyoman Wety S.

Abstract


This research was aimed to analyse, (1) lesson plan, (2) learning process, (3) learning evaluation system in English lesson through caricature picture, and (4) increasing learning result in English lesson through caricature picture. Data was collected through, observation, written test, and documentations further analyzed by qualitative descriptive. The findings of the study were (1) lesson plan, (2) learning process using caricature picture was able to increase students learning activity 30 students (93,80%) in IXa class and 29 students (94%) in IXb class, (3) The evaluation system consist of aspects in writing descriptive paragraph such as the gist of descriptive text, language structure and structure of ideas, and (4) In the 1st cycle the students average mark was 63 and 20 students (32%) passed the test, in the 2nd cycle there were 28 students (44%) passed the test, and in the 3rd cycle the students average mark was 84 with 53 students (84%) passed the test.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perencanaan pembelajaran, (2) proses pelaksanaan pembelajaran, (3) sistem evaluasi pembelajaran menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris siswa melalui media karikatur, (4) peningkatan prestasi belajar menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris siswa melalui media karikatur. Data dikumpulkan melalui, observasi, tes dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran (2) proses pembelajaran dengan menggunakan gambar karikatur dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu 30 siswa (93,80%) kelas IXa dan 29 siswa (93,50%) kelas IXb, (3) evaluasi dilakukan dengan menilai komponen isi karangan deskripsi, penggunaan bahasa dan penataan gagasan, dan (4) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63 dengan siswa tuntas belajar 20 siswa (32%), siklus II adalah 68 dengan siswa tuntas belajar 28 siswa (44%), dan siklus III adalah 84 dengan siswa tuntas belajar 53 siswa (84%).

Kata kunci: Media karikatur, Menulis paragraf deskripsi


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus Mata pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta.:Depdiknas

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Brown, H. Douglas. 2000. Teaching of Language and Teaching. New York: Longman.

Depdiknas. 2001. Pedoman Teknis Pelaksanaan Classroom Action Research (CAR). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menemgah.

Depdiknas.2001.Petunjuk Teknis Pembelajaran Bahasa Inggris. Direktorat Pembinaan SMP Dirjen Manajemen, Jakarta.: Depdiknas.

Depdiknas. 2001.Kebijakan di Bidang Pendidikan Dasar. Jakarta: Dirjen dikdasmen.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik,O.2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Marpadi, D. 2003. Pola Induk Sistem Pengujian Hasil KBM Berbasis KemampuanDasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Miarso, Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media.

Moleong, Lexy,J. 2005. Metodologi Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung :Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nunan, D. 2003. The Impact of English as a Global Language on Educational Policies and Practices in the Asia-Pacific Region. TESOL Quarterly, 37, 4, Winter.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penelitian dan Pengajaran Bahasa Indonesia dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nursisto. 2000. Penuntun Mengarang. Yogyakarta :Adi Cita Karya Nusa.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi (SI). Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kelulusan (SKL). Jakarta: Depdiknas.

Rani, Abdul. 2006. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Reigeluth,C.M. dan Stein, F.S. 1983. Instructtional-Design Theories and Models. London:Routledge.

Sardiman, Arief. 2006. Media Pengajaran (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Simberg, A.L. 1964. Creativity at Work. Boston, MA. Industrial Education Institute ( 41-69)

Sirait, Bistok, dkk. 1985. Pedoman Karang Mengarang. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta. Depdikbud.

Slameto, 2001. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudiati, Dra. Vero, dkk. 2005. Kiat Menulis Deskripsi dan Narasi. Yogyakarta: Pustaka

Sukidin, Basrowi, dan Suranto. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Suparno. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tompkins, Gail E. 1990. Teaching Writing Balancing Process and Product. New York: Macmillan Publishing Company.

Widyatama. Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 2001. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Wijana, I Dewa Putu. 2004. Kartun: Studi Tentang Permainan Bahasa. Jogjakarta.: Ombak.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiyanto. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta:Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.