PENGARUH PERSEPSI WARGA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA, PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER

Andri Wira Dharma, Herpratiwi Herpratiwi, Haninda Bharata

Abstract


The purpose of this research was to analyze: 1) influence the perceptions of citizens on subjects of learning achievements learning math, 2) influence the utilization of computer media in learning achievement against learning math, 3) the influence of learning motivation of learning achievement against learning math, and 4) influence the perception of citizens learning on subjects, the utilization of computer media, and motivation to learn together to learn math achievement. This type of research using regression techniques. The population in this research is the entire class of X consisting of 3 classes numbered 107 in high school C Pack equivalent Center Of Learning Society Taruna Jaya. Sampling techniques using proportional random sampling as many as 32 students. Data collected and analyzed using correlation poduck moment and regression. The conclusion of the research was the influence there of: 1) the perception of students in subjects with learning achievements of students, with regression ? = 2,181+ 0,877 X1 which increases 1 score variable perception of citizens will increase learning achievements learning math 3,058; 2) the utilization of computer media with the learning achievements of students, with regression ? = 21,811+ 0,716 X2 which increases 1 score variable will increase the use of computer media score achievement learning math of 22,527; 3) motivation of learning with student learning achievement, with regression ? = 4,324+ 0,887X3 which increases 1 score will increase learning motivation variables score achievement learning math of 5,211; 4) perceptions of students on subjects, the utilization of computer media, learning motivation and learning achievements, together have regression ? = 7,114+ 0,251X1 + 0,494X2+ 0,142X3, where rising 1 score variable perception of citizens learning on subjects, the utilization of computer media,learning and motivation, will increase achievement score of 8,001 studied mathematics

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1) pengaruh persepsi warga belajar pada mata pelajaran terhadap prestasi belajar matematika, 2) pengaruh pemanfaatan media komputer dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, 3) pengaruh motivasi belajar warga belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan 4) pengaruh persepsi warga belajar pada mata pelajaran, pemanfaatan media komputer, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian menggunakan teknik regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri atas 3 kelas berjumlah 107 di Paket C setara SMA PKBM Taruna Jaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 32 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan tes, serta dianalisis menggunakan korelasi poduck moment dan regresi. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh antara: 1) persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien regresi ? = 2,181+ 0,877 X1 dimana kenaikan 1 skor variabel persepsi warga belajar akan meningkatkan prestasi belajar matematika 3,058; 2) pemanfaatan media komputer dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien regresi ? = 21,811+ 0,716 X2 dimana kenaikan 1 skor variabel penggunaan media komputer akan meningkatkan skor prestasi belajar matematika sebesar 22,527; 3) motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien regresi ? = 4,324+ 0,887X3 dimana kenaikan 1 skor variabel motivasi belajar akan meningkatkan skor prestasi belajar matematika sebesar 5,211; 4) persepsi siswa pada mata pelajaran matematika, pemanfaatan media komputer, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar, secara bersama dengan koefisien regresi ? = 7,114+ 0,251X1 + 0,494X2+ 0,142X3, dimana kenaikan 1 skor variabel persepsi warga belajar pada mata pelajaran, pemanfaatan media komputer, dan motivasi belajar akan meningkatkan skor prestasi belajar matematika sebesar 8,001, artinya jika faktor-faktor tersebut dapat meningkat maka prestasi belajar siswa juga akan meningkat

Kata Kunci : Motivasi, Pemanfaatan Media Komputer, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


AECT, 1977. The Definition of Education Technology. Edisi Indonesia diterbitkan oleh CV. Rajawali dengan judul Definisi Teknologi Pendidikan (Seri Pustaka Teknologi Pendidikan Nomor 7)

Ahmadi, Abu. 2001. Ilmu Pendidikan. CV Toha Putra Semarang

Aksara. Winkel, W.S. 2006. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Raja grafindo Pesada.

Anderson.2001.A. Taksonomi for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Copyright by addison Wesley Longman, Inc. Anita

Ely, G. 1971. Teaching and Media Systematic Approach. New Jersey Prentice Hall, Inc.

Direktorat Kesetaraan. 2006. Acuan Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan. Direktorat Pendidikan Kesetaraan. Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, Robert N. 1992. The Condition of Learning. Third Edition. New York.

Holt,Rinehart and Winston, Inc. Ibrahim, 2002.Media Instruksional. Malang : FIP IKIP Malang

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:Prenada Media.

Nana Sudjana, . 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.

Prastati, Trini. 2001. Media Sederhana. Jakarta: PAU-PPAI-UT. Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline

Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendididkan. Jakarta: Prenada Media

Rahmat, DJalaluddin. 2006. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohani, Ahmad. 2007. Media Instruksional Edukatif. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Ruseffendi,E.T. 2001. Dasar-dasar Matematika Modern Untuk Guru. Bandung: Tarsito.

Sardiman,A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slamento. 2005. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukarman, Herry. 2002. Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika Yogyakarta: PPPG Matematika.

Suciati. 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: Pekerti-AA Dirjen Dikti. Depdiknas.

Usman, Husaini dan R. Purnomo S.A. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, Sri. 2002. Pembelajaran Matematika Yang Kontekstual atau Realistik. Yogyakarta: PPPG Matematika

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial; Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi

Widiasarana Zainul, Asmawi dan Nochi Nasoetion. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Woolfolk. 2002. Educational Psychology. Ninth edition. Boston: Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.