BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI.TKJ

Yusnida Febriany, Dwi Yulianti, Undang Rosidin

Abstract


This research is aimed to describe (1) the appropriate Physics learning design, (2) Physics learning process, and (3) the implementation of evaluation. However, the research method was classroom action research with the subject was students class XI TKJ 1 and XI TKJ 2 SMKN 1 Bakauheni Lampung Selatan. This research was conducted in three cycles. Researcher implemented the Blended Learning technique with two learning process; through face-to-face and through e-learning, a learning web designed by researcher. However, the results were; an increase in lesson plan arrangement from Cycle I to Cycle III; a better development from good category to excellent; a better implementation of learning followed by the students active response in the learning activities; and also an increase in students passing grade percentage in class XI TKJ 1 Cycle III reached up to 77,8% while in class XI TKJ 2 Cycle II, it obtained 75%.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) desain pembelajaran fisika yang tepat, (2) proses pembelajaran fisika, (3) pelaksanaan evaluasi.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI.TKJ.1 dan kelas XI.TKJ.2 SMKN 1 Bakauheni Lampung Selatan. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus pembelajaran. Pelaksanaan penelitian menerapkan pembelajaran blended learning, dimana kegiatan pembelajaran terbagi menjadi 2 bagian yaitu proses pembelajaran di kelas dengan tatap muka secara langsung dan proses pembelajaran dengan e-learning melalui web pembelajaran yang dikelola langsung oleh peneliti.Hasil penelitian ini yaitu, terjadi peningkatan penyusunan RPP dari Siklus I sampai Siklus III dengan kategori baik meningkat menjadi kategori sangat baik, pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik diikuti dengan meningkatnya respon siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, meningkatnya hasil belajar siswa juga tercapai dengan persentase ketuntasan belajar di kelas XI.TKJ.1 pada siklus ketiga dapat mencapai 77,8% dan persentase ketuntasan belajar di kelas XI.TKJ.2 yaitu 75%.

Kata kunci: blended learning, hasil belajar siswa, pembelajaran fisika di SMK


Full Text:

PDF

References


Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Casas, A Iserles. 2006, Journal of Physics: Mathematical and General,

Chang, Chew Hung. 2007, Engaging Learning Through the Internet, Prentice Hall Pearson Education South Asia Pte Ltd, Singapore.

Hopkins, David. 1993. A teacher Guide The Classroom Research. Philadelpia : Open University Press.

Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Sudjana, N. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya

Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munandar. 2010. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT Gramedia.

Wasliman, I. 2007. Problematika Pendidikan. Modul. Bandung : SPs-UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.