PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI BACA TULIS VEDA

Ketut Martini, Herpratiwi Herpratiwi, I Dewa Made Raka

Abstract


This study aimed to describe 1) the condition and potential learners and schools of the products; 2) produce Hinduism studentss worksheet on Veda reading and writing for the first year students; 3) the product's specifications; 4) effectiveness; 5) efficiency and 6) attractiveness. This research was using research and development method. Data were analyzed descriptively and quantitatively. The results showed that: 1) there is a need for developing teaching materials used in Veda reading and writing; 2) students worksheet tested through design, media and content in good quality; 3) the result product is specifically designed for Veda reading and writing; 4) the worksheet effective with t = -25,673; 5) students worksheet efficient in the time using with an average efficiency of 1.5; and 6) interesting from the aspect of student satisfaction with an average percentage of 82.6%.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) kondisi dan potensi peserta didik dan sekolah terhadap produk yang dihasilkan; 2) produk LKPD BTV untuk siswa kelas 1 SD; 3) spesifikasi produk; 4) efektifitas; 5) efisiensi dan 6) kemenarikan. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan.Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kondisi peserta didik kelas 1 SD banyak yang belum mencapai KKM dan bahan ajar yang ada belum dapat mengoptimalkan pengembangan pengetahuan dan keterampilan BTV siswa, sehingga berpotensi bahwa guru dan siswa membutuhkan LKPD BTV; 2) LKPD teruji melalui ahli desain, media dan konten berkualitas baik; 3) produk secara spesifik didesain untuk pembelajaran BTV; 4) LKPD efektif dengan nilai t = -25,673; 5) LKPD efisien dalam penggunaan waktu dengan rata-rata 1.5; serta 6) menarik dilihat dari aspek kesenangan siswa dengan rata-rata persentase 82.6 %.

Kata kunci: agama hindu, baca tulis veda, daya tarik


Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W. dan Krathwohl, David R. 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ashokkumar, 2013. Ways to Improve Sanskrit Teaching Learning Process in the field of Education. International Journal for Research in Education Vol. 2.

Harijanto, M. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pembelajaran Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar. Didaktika, Vol.2 No.1

Karli, Hilda. 2010. Membaca dan Menulis untuk Anak Usia Dini Melalui Aktivitas dan Permainan yang menyenangkan. Jurnal Pendidikan Penabur Volume 15 Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta.

Nurina. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Model Siklus Belajar 5E Berbasis Konstruktivistik Pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal UM.

Permenag no 56 th 2014 tentang pend. Keagamaan Hindu

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Trisnaningsih, Widiani. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Worksheets untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa

Inggris Siswa SMK. Tesis. Lampung : FKIP Unila PPSJ Teknologi Pendidikan. Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.