PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA

Agustina Ellyana, Herpratiwi Herpratiwi, Ujang Suparman

Abstract


The purpose of this study was to analyze theoretically about the effectiveness, efficiency and attractiveness of picture series of learning vocabulary in English language skills. Based on theory and research findings from various journals, vocabulary is a centralin language skill so it is important to learn. The researcher used research and development method because the resulting product is the development of pictures that have already existed and were often used in the process of English speaking skill.The using of picture series in the learning process will increase student motivation in speaking English especially to add their vocabularies. So the learning process becomes more active. Based on the result of this research it can be concluded that the using of the picture series is effective and efficient to improve students' English speaking skill.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara teoritis tentang efektivitas,efisiensi dan daya tarik media gambar seri dalam pembelajaran penguasaan kosakata pada keterampilan berbahasa Inggris.Berdasarkan teori dan penelitian dari berbagai jurnal,kosakata merupakan pusat dalam keterampilan berbahasa sehingga sangat penting dipelajari.Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan karena produk yang dihasilkan merupakan pengembangan dari media gambar yang sudah ada dan sering digunakan dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris.Penggunaan media gambar seri dalam proses pembelajaran,akan meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara bahasa Inggristerutama untuk menambah kosakata mereka.Proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan motivasi belajar siswa meningkat dengan pengalaman pembelajaran yang faktual. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri efektif dan efisien untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa.

Kata kunci: media gambar seri, kosakata, efektif


Full Text:

PDF

References


Ampa, A. Basri, M. Adriani, A. 013. The Development of Contextual Learning aterials for the English Speaking Skills. International Journal of Education and Research. Vol. 1 No. 9 September 2013. (online).

Kristianty, T. 2006. Pandangan- Pandangan Kaum Behavioris tentang Perolehan Bahasa Pertama. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 06/Th. V/ Juni 2006. (online).

Nasution. S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, D. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana.

Spector, J. M. 2012. Foundations of Educational Technology. New York and London: Routledge Taylor and Francis Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparman, M. A. 2010. Desain Instruksional.Jakarta: Universitas Terbuka.

Zainattudar.2015. Teaching Speaking in English by Using Picture Series. International Journal of Education and Research.Tahun 2015 [onlin


Refbacks

  • There are currently no refbacks.