MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI

Alwansyah Alwansyah, Eddy Purnomo, Pargito Pargito

Abstract


This class action research was aimed at finding out the increasing of students social skills by using simulation model approach to social studies learning of the 8th grade students. It was carried out by applying simulation steps to improve students social skills in each cycle. It was conducted in three cycles. The data obtained from observations of each cycle was used as basis or corrections for the next cycle. The results showed that in Cycle I, the indicators of students social skills did not yet reach 70% of their activities. In Cycle II, the indicators of social skills reached 70% of students activities including the applications of turn-taking/sharing and making efforts/following instructions indicators. In Cycle III, the applications of all social skill indicators reached 70% or more including the indicators of turn-taking/sharing, appreciating/respecting each other, assisting/helping each other, making efforts, controlling emotions, expressing opinions, accepting opinions.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan pendekatan model simulasi pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada setiap siklusnya. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, data hasil observasi dari setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model simulasi. Pada siklus I, indikator keterampilan sosial belum ada yang mencapai 70% aktivitas siswa. Pada siklus II indikator keterampilan sosial yang telah mencapai 70% aktivitas siswa dengan indikator keterampilan sosial bergiliran/berbagi dan bersungguh-sungguh/mengikuti petunjuk. Pada siklus III semua indikator keterampilan sosial telah mencapai 70% atau lebih indikator bergiliran/ berbagi, menghargai/ menghormati, membantu/ menolong orang lain, bersungguh-sungguh, mengontrol emosi, menyampaikan pendapat, menerima pendapat.

Kata kunci: keterampilan sosial, pembelajaran ips, simulasi


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri W. 2007 Strategi Pembelajaran di SD. Bandar Lampung: Universitas Terbuka.

Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas: Buku untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Pargito, 2011. Penelitian Tindakan bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Aura.

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sjamsuddin dan Maryani E. 2008. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Makasar: Makalah pada Seminar Nasional.

Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofis dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Bandung: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia