PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL

Lessie Novitasari, Pargito Pargito, Darsono Darsono

Abstract


The purposes of this research were describing and analyzing, the application of learning by the use of make a match model to improve the social skills of students and students achievement. The type of this research is classroom research. Components of students social skills in the research include, ability to control himself in the act, talk and behave, abide by the rules applied according to the place where it belongs, understanding the different opinion, able to communicate well, effectively and politely, able to apply togetherness values in a group, understanding the rights of his own as well as from other. The results of the learning implementation make a match models in the Sociology subject can improve social skill and students achievement. It can be seen from the average percentage of social skill and learning achievement studentsin every cycle.

Tujuan penelitian ini antara lain:mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran dengan menggunakan model make a match untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Komponen keterampilan siswa dalam penelitian ini meliputi, mampu mengendalikan diri dalam bersikap, berucap dan berprilaku, mematuhi aturan-aturan yang berlaku sesuai dengan tempat dimana berada, memahami perbedaan pendapat, mampu berkomunikasi dengan baik, efektif dan santun, mampu menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kelompok, memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain. Hasil dari penerapan model pembelajaran make a match pada pelajaran Sosiologi dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase keterampilan sosial dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus.

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan sosial, model make a match


Full Text:

PDF

References


Hosim. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Munawar. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia