PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Siti Handayani, Pargito Pargito, Trisnaningsih Trisnaningsih

Abstract


This research aimed to increase the student's activity and creativity in Geograpy learning by using Discovery learning model. The research method was a classroom action research. It had been implemented in three cycles, each cycles consisted of planning steps, actions, observations, and reflections, which purposed to improve the learning quality. The techniques applied in this research were discussions, questionings, and library-study. The data collecting techniques were learning activities observation sheets, learning creativities observation sheets, and learning test achievement in form of essay answer. Each data from the observation result and achievement test from every cycle would become data base or improvement material in the next other cycles. The result had shown that improvements could be found in both learning activities and creativities as it could be seen in students study achievements in each cycle after using the discovery model in Geography learning.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kreativitas belajar Geografi siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan model discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskusi, tanya jawab, dan kajian pustaka. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar, lembar pengamatan kreativitas belajar dan tes hasil belajar yang berupa soal uraian. Data dari hasil observasi dan tes formatif disetiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatan aktivitas belajar dan kreativitas belajar siswa yang terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa disetiap siklus setelah penggunaan model discovery learning pada pembelajaran Geografi.

Kata kunci: aktivitas belajar, discovery learning, kreativitas belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Suatu Pengantar Praktis. Jakarta: Bitama Aksara.

Aunurrahman. 2009. Model Pembelajaran. (http://elnicovingeance,wordpress.com/2012/09/02/model pembelajaran.html). Online. Diakses Tanggal 4 Juli 2013.

Baharudin dan Esa, Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, Saiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdi. 2010. Metode Pembelajaran Discovery. (http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan/#more-1046). Online. Diakses Tanggal 12 Mei 2013.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Anugerah Utama Raharja.

Permendiknas Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemdikbud.

Riensuciati.2013. Model Pembelajaran Discovery.

http://riensuciati99.blogspot.com/2013/04/model-pembelajaran-discovery-penemuan.html. Online. Diakses Tanggal 23 Oktober 2013.

Sudjana, Nana. 1982. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Sinar Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia