MODEL BERMAIN PERAN DAN JIGSAW MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MEMPERHATIKAN POLA ASUH

Nikki Tri Sakung, Pargito Pargito, Edy Purnomo

Abstract


The purpose of this study was to determine: the difference between the student's social skills model of role playing and jigsaw model with parenting attention. The research method was experiment research. Analysis of the data was using a two way analysis of variance and t-test of two independent samples. Conclusions of this study were: (1) there was a difference between student learning social skills using role playing models and ofusing jigsaw model with parenting attention, (2) the social skills students in which democratic patterns was better than permissive parenting

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perbedaan keterampilan sosial siswa yang menggunakan model bermain peran dan modelJigsawdengan memperhatikan pola asuh orang tua siswa.Metode penelitian adalah penelitian eksperimen. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dant-test dua sampel independen. Kesimpulan penelitian: (1) terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model bermain peran dengan modelJigsawdengan memperhatikan pola asuh orang tua (2) keterampilan siswa yang pola asuhnya demokratis lebih baik dibandingkan dengan pola asuh orang tuanya permisif.

Kata kunci: bermain peran, keterampilan sosial, tipejigsaw,pola asuh orang tua


Full Text:

PDF

References


Andrusyk, D & Andrusyk, S. 2003. Improving Student Social Skills Through The Use of Cooperative Learning Strategies. Chicago: Saint Xavier University. (Online). http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED481015.pdf. Diakses 26 Maret 2015

Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Ekawati. 2003. Implementasi Metode Bermain Peran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Sosial Anak TK Kumara Bhuana II. Tesis. Tidak Diterbitkan.

Idris Zahara dan Jamal Lisma. 1992. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiarti. 2013. Perbedaan Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Jigsaw Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Siswa SMA. Tesis. Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Penidikan. Bandung: Alfabeta.

Winarti. 2011. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Pembentukan Akhlak Anak Usia 7-12 Tahun di Tangerang. Tesis. Tidak Diterbitkan.

Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia