INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK PENGAMALAN NILAI MORAL SISWA
Abstract
This study aims to investigate teacher’s attempts to build student’s characters, the integration of character education into social learning, and supporting and hindering factors in the process of building student’s characters. This study employed the qualitative descriptive method involving a variety of procedures. The result in the classrooms are conducted, first, by integrating character education into social science learning. The methods that have effects on learning are the lecturing and disccutions methods, because the students ore motivated by a variety of medhods. Meanwhile, the programs outside the classrooms are conducted throught a variety of activities, such as intracurricular and extracurricular activities.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pembentukan karakter siswa, bagaimana mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, dan melihat faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, deskriptif dengan berbagai macam prosedur. Hasil penelitian ini adalah guru mengupayakan pembentukan karater siswa, dengan melakukan berbagai macam program antara lain diadakan oleh kepala sekolah kepada guru, oleh guru kepada siswa. Metode yang berpengaruh dalam pembelajaran tersebut adalah ceramah dan diskusi, karena dengan metode yang bervariasi siswa termotivasi sedangkan diluar kelas dilakukan dengan berbagai macam program antara lain kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler.
Kata kunci: integrasi, karakter, nilai moral
Full Text:
PDFReferences
Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Kusuma. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Maleong Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v2i3.5863
Refbacks
- There are currently no refbacks.

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia