PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT

Susilawati Susilawati, Sudjarwo Sudjarwo, Riswanti Rini

Abstract


The purpose of this study is to describe lesson plan and learning implement through cooperative learning model NHT (Numbered Head Together) type which can improve the basic skills of social studies learning outcomes. The method used in the study is Classroom Action Research. The results of this study showed an increase in each cycle 1-3: The lesson plan value for each cycle is very good. Teacher performance in the learning process is very good. Achievement of social science basic skills, reached 87%, which means that eight indicators that have been achieved. The improvement  student learning outcomes, for the first 1 cycle students who completed are 20 students, the second 2 cycles up to 26 students and the third 3 cycles reached 34.    

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, dan Pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) yang dapat meningkatkan keterampilan dasar IPS dan hasil belajar siswa kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan pada setiap siklus 1- 3 yaitu; Nilai perencanaan pembelajaran menjadi sangat baik. Nilai kinerja guru dalam pembelajaran menjadi sangat baik. Ketercapaian keterampilan dasar IPS pada siswa yaitu, terampil mencapai 87 %, yang artinya dari 8 indikator sudah tercapai secara keseluruhan. Peningkatan hasil belajar siswa, untuk siklus 1 siswa yang tuntas mencapai 20 dari jumlah siswa, untuk siklus 2 siswa yang tuntas mencapai 26 dari jumlah siswa dan siklus 3 siswa yang tuntas  mencapai 34.

Kata kunci: keterampilan dasar ips, nht, pembelajaran kooperatif


Full Text:

PDF

References


Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Peningkatan ketrampilan Sosial. Bandung: Afabeta

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sudjarwo. 2012. Mengenal Model Pembelajaran. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: IBRD LOAN.

Wahab, Abdul Aziz, dkk. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahab, Abdul Aziz, dkk. 2009. Konsep Dasar IPS. Universitas Terbuka: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia