Analisis Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pardasuka

Ririh Pintoko Jati, Pargito Pargito, Erlina Rufaida

Abstract


The purpose of this research is to findout the social activity social studies learning in SMP Negeri 3 Pardasuka. This research used a qualitative approach, and decrypted analysis of students social skills on social studies learning in SMP Negeri 3 Pardasuka naturally and genuinely. The results of this research which is social skills students on social studies learning in SMP Negeri 3 Pardasuka students have been spotted capable in, social skills like ventured to ask a teacher when there are subjects that are not intelligible, dare to pass an opinion without harming others hearts, starting to like, study group and began to dare to take on before class. Someone who has personal identificattion confident entered on social skills of them can appreciate his own business, and dare to state your opinion.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pardasuka.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sebab akan mendiskripsikan analisis keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS SMP Negeri 3 Pardasuka secara natural dan apa adanya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pardasuka peserta didik sudah terlihat cakap dalam keterampilan sosial, seperti memberanikan diri untuk bertanya kepada guru ketika ada mata pelajaran yang tidak dimengerti, berani menyampaikan pendapat tanpa melukai hati orang lain, mulai menyukai belajar kelompok, dan mulai berani untuk mengerjakan soal didepankelas. Ciri-ciri pribadi seseorang yang memiliki sikap percaya diri yang masuk pada ciri-ciri keterampilan sosial diantaranya bisa menghargai usahanya sendiri, dan berani menyampaikan pendapat.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2012. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali. 2012. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani.

Komalasari. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada.

Muntoha, Happy Dwi Yunia. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 14 Semarang. Economic Education Analysis Journal. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. (Vol. 2. No. 2 Tahun 2013).

Novitasari. 2015. Penerapan Model Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial. Jurnal Studi Sosial. Program Studi Pendidikan IPS. FKIP Universitas Lampung. (Vol. 3 No. 1 Tahun 2015).

Soemanto. 2006. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Bandung: Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih dan Syaodih, Erliana. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: Refika Aditama.

Usman. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif, Yogyakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia